18 May 2023, 11:55 WIB

HUT Ke-24, SP BPJS Ketenagakerjaan Perkuat Solidaritas Hadapi Tantangan


Media Indonesia | Ekonomi

Ist/BPJS Ketenagakerjaan
 Ist/BPJS Ketenagakerjaan
Kegiatan HUT ke-24 dan Rakernas SP BPJS TK Tahun 2023 di Jakarta, Kamis (11/5).  

SERIKAT Pekerja BPJS Ketenagakerjaan (SP BPJS TK) genap memasuki usia 24 tahun. Usia yang sudah tergolong dewasa ini dimaknai oleh Ketua Umum SP BPJS TK Ahmad Edi Komaruddin dengan terus memperkuat Solidaritas seluruh anggota untuk bersama mengawal dan berjuang sekaligus menjadi mitra strategis institusi BPJS Ketenagakerjaan.

“Kami memaknai kata tersebut sebagai bagian dari perjuangan yang tiada henti untuk mempertahankan eksistensi kedua organisasi ini," kata Edi.  

"Memiliki rasa senasib, sepenanggungan dan seperjuangan, yang di dalamnya muncul sebuah pernyataan kesetiaan dan militansi untuk berkarya dan berbakti,” ucap Edi dalam sambutannya di kegiatan HUT dan Rakernas SP BPJS TK Tahun 2023 di Jakarta, Kamis (11/5).

Baca juga: BPJS Ketenagakerjaan DKI Jakarta Beri Perlindungan Sosial untuk Para Atlet

Edi meyakini ke depan tantangan organisasi akan semakin menantang dan penuh ketidakpastian, baik yang datang dari internal organisasi maupun eksternal.

Ia juga menekankan untuk setiap anggota agar dapat merespon dengan efektif bentuk-bentuk ketidakpastian yang terjadi tersebut.

“Kita harus memberikan peran dari berbagai level, mulai dari konseptor, negosiator hingga eksekutor baik di tingkat kantor cabang, wilayah hingga kantor pusat," jelas Edi.  

"Semuanya dimuarakan untuk tetap menjaga keberadaan institusi ini, bersama bahu- membahu untuk menampilkan eksistensi BPJS Ketenagakerjaan di tingkat nasional maupun global,” tambahnya.

Perayaan Dihadiri Dirut BPJS Ketenagakerjaan

Dalam perayaan HUT ke-24 SI BPJS TK dihadiri oleh Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Anggoro Eko Cahyo dan jajaran Direksi, Menteri Ketenagakerjaan yang diwakili oleh Indah Anggoro Putri, ILO Country Office for the Indonesia Abdul Hakim, Afiliasi PSI, KSBSI, KSPI, KSPSI, SARBUMUSI, KSPN, ASPEK, FOKKA, IPOJK, SPJR, IPEBI.

Baca juga: Sambut Hari Buruh, BPJS Ketenagakerjaan Isi Kegiatan dengan Beri Santunan 

Senada dengan itu, Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Anggoro Eko Cahyo juga mengajak seluruh Anggota SP BPJS TK untuk terus menjaga dan mengawal institusi BPJS Ketenagakerjaan.

Anggoro mengibaratkan jika BPJS Ketenagakerjaan adalah sebuah kapal besar, maka SP BPJS TK adalah bagian dari kapal tersebut.

“Seperti Mars SP, di mana SP berpandangan jauh ke depan, berpikiran terbuka dan profesional. Untuk itu manajemen mengajak SP mengamankan dan mengawal kapal besar institusi ini untuk mencapai tujuan. Karena SP adalah bagian dari kapal ini. Jadi mari sama-sama kita jaga,” ucap Anggoro.

Anggoro meyakini dirinya dan jajaran direksi yang lain akan memastikan apa yang sudah dijanjikan akan bisa di-deliver.

“Tahun lalu pencapaian kita sangat baik, terima kasih buat SP karena menjadi pendamping mitra strategis kita,” sambungnya.

Baca juga: BPJS Ketenagakerjaan Kenalkan Beragam Fitur Terkini JMO di FEKDI 2023  

Menutup kegiatan tersebut, Dirjen Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (PHI dan Jamsostek), Kemenaker Dirjen PHI dan Jamsos, Indah Anggoro Putri yang hadir mewakili Menaker juga mengucapkan selamat bertambahnya usia SP BPJS TK dan dirinya berpesan agar dalam Rakernas diselenggarakan akan membahas 2 target umum atau program kerja yang dirinya titipkan.

“Satu, membahas program yang benar-benar meyakinkan direksi dan juga pemerintah khususnya Kementerian Ketenagakerjaan dan Kementerian Keuangan untuk benar-benar meyakinkan kita semua bahwa program dari SP ini benar-benar bermutu dan mendukung target pelindungan sosial bagi pekerja Indonesia dan juga yang kedua adalah membangun trust,'" papar Indah. 

"Semoga SP BPJS TK ke depan semakin dewasa, semakin berperan dan semakin bermanfaat bagi Indonesia,” pungkas Indah. (RO/S-4)

BERITA TERKAIT