17 April 2023, 11:43 WIB

Lapangan MAC Penghasil Gas di Selat Madura Siap Beroperasi


Andhika Prasetyo | Ekonomi

Istimewa
 Istimewa
Para petinggi HCML dan SKK Migas saat prosesi peresmian MOPU.

Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) sektor migas, Husky-CNOOC Madura Limited (HCML), siap memproduksi gas dari Lapangan MAC di Selat Madura.

Kesiapan produksi terlebih dulu diawali peresmian Mobile Offshore Production Unit (MOPU) oleh Konsorsium PT Duta Marine dan PT Pakarti Tirtoagung di ASL Yard, Batam, Kepulauan Riau, Sabtu (15/4) lalu.

"Kami terus pengembangan Lapangan MAC yang diperkirakan on stream pada kuartal dau tahun ini. Ini adalah bagian dari upaya kami memberikan sumbangsih kepada NKRI," ujar Senior Manager Engineering & Drilling HCML Jonny Pasaribu dalam keterangan tertulis, Senin (17/4).

Baca juga: Banyak Sektor Industri Minta Harga Gas Murah, DPR :Perlu Evaluasi Permen ESDM 12/2022

Kegiatan peresmian tersebut merupakan proses awal melepas MOPU ke laut. Itu dilakukan sebagai tanda bahwa proses persiapan di galangan sudah selesai dan akan dibawa berlayar ke titik instalasi di Selat Madura.

“Kita harap ini dapat meningkatkan produksi gas karena saat ini kebutuhan gas di Indonesia semakin besar seiring dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi nasional,” tuturnya.

Baca juga: Gas Bumi Miliki Peran Strategis pada Masa Transisi Energi

Lapangan MAC memiliki potensi produksi sebesar 50 juta standar kaki kubik gas per hari (MMSCFD).

Nantinya, gas yang diproduksi akan dijual kepada perusahaan-perusahaan yang telah menandatangani kesepakatan. Sejauh ini, HCML sudah menandatangani perjanjian jual beli gas dengan industri pupuk di Gresik dan sejumlah perusahaan lain.

"Nantinya lifting gas ini akan memenuhi kebutuhan masyarakat dan industri di Jawa Timur," tutur Jonny.

HCML berpengalaman memproduksi gas dan minyak kondensat dari empat sumur di Blok Selat Madura sejak 2017. KKKS itu juga menjadi salah satu tulang punggung pemenuhan gas di Jawa Timur dengan menyumbang sekitar 30% pasokan gas.

Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas Hudi Suryodipuro memberikan apresiasi atas keberhasilan HCML menyelesaikan pekerjaan MUPO. Itu membuat pelaksanaan onstream lapangan MAC menjadi semakin nyata dan diperkirakan bisa dilaksanakan di kuartal dua tahun ini.

“Peranan HCML nantinya akan semakin kuat jika pipa gas di Jawa sudah terintegrasi yang saat ini sedang dibangun adalah pipa gas Cirebon Semarang. Kelak, HCML dan semua KKKS di Jawa Timur dapat turut memasok kebutuhan gas ke Jawa Barat yang saat ini masih dipasok dari Sumatra , kata Hudi. (Ant/Z-11)

BERITA TERKAIT