26 February 2023, 07:54 WIB

Petani Tebu Bersatu (Petebu) Gowa Gelar Sarasehan Wujudkan Swasembada Gula


Mediaindonesia.com | Ekonomi

Dok. Petebu
 Dok. Petebu
Sarasehan Petebu di Gowa, Sulsel

PETANI tebu pendukung Ganjar Pranowo yang tergabung Petani Tebu Bersatu (Petebu) di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan bertekad untuk mempererat kebersamaan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan, serta bisa mempercepat swasemda gula dalam rangka mencapai kedaulatan pangan. 

Salah satu upaya yang dilakukan yaitu dengan mengadakan silaturahmi dan sarasehan di Lapangan Desa Bontoramba, Pallangga, Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel). Kegiatan itu bertajuk 'Petani Tebu Bersatu Gowa Bertekad Membangun Kebersamaan Menuju Percepatan Swasembada Gula'. 

Ketua DPD Petebu Gowa Alimuddin Siama mengatakan sarasehan bertujuan untuk meningkatkan produktivitas tanaman tebu sekaligus untuk memaksimalkan potensi pengembangan lahan tebu di seluruh wilayah Sulawesi Selatan, serta mendukung program percepatan swasembada gula nasional. 

"Kami adakan saresehan untuk menyerap aspirasi petani tebu. Insyaallah kami bisa swasembada gula," kata Alimuddin usai kegiatan. 

Alimuddin mengatakan pihaknya akan meningkatkan sinergitasnya dengan semua pihak, seperti pelaku usaha hingga pemerintah agar pertanian tebu makin maju. Selain itu, pihaknya akan melakukan banyak pelatihan agar meningkatkan SDM para petani tebu. 

Alimuddin berharap ke depan makin banyak hasil riset mengenai peningkatan hasil produksi tebu hingga inovasi yang bisa dilakukan untuk produk turunan dari tebu. 

Baca juga : Harga Cabai Di Kupang Capai Rp150 Ribu Per Kilogram

"Kami petani tebu Gowa mengharapkan hasil riset tentang tebu supaya hasil gula meningkat," ucapnya.

Penampilan kesenian Tari Pakarena hingga Seni Pakacaping khas Sulawesi Selatan, turut mewarnai kegiatan saresehan.

Selain itu dalam acara ini digelar juga pelantikan DPW Petebu Sulawesi Selatan, DPD Petebu wilayah Gowa, Bone, Takalar, Sinjai, Jeneponto dan Bulukumba. 

Melalui kepengurusan DPW dan DPD tersebut, Petebu akan melakukan pendampingan serta menggalang kebersamaan para petani tebu di Sulsel untuk maju, melalui berbagai program yang akan dilaksanakan secara periodik. 

Petebu Gowa turut menyosialisasikan figur Ganjar Pranowo, serta memohon doa dan dukungannya agar Ganjar menjadi Presiden Indonesia periode 2024-2029. 

Acara Petebu di Gowa ini merupakan yang ke-12. Sebelumnya, Petebu menggelar acara ini di wilayah Lampung Tengah, Kertosono Prov. Jawa Timur, Karanganyar Prov. Jawa Tengah, Way Kanan Prov. Lampung, Palembang Prov. Sumsel, Dompu Prov. NTB, Majalengka Prov. Jawa Barat, Takalar Prov. Sulsel, Deli Serdang Prov. Sumut, Madiun Prov. Jatim, dan Subang Prov. Jabar. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT