17 November 2022, 11:55 WIB

Beras Impor Seludupan dari Vietnam Masuk Lewat Batam dan Palembang


Mediaindonesia.com | Ekonomi

Antara
 Antara
Pedagang beras di Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta

PENYELUDUPAN beras dari Vietnam masih terjadi. Wakil Ketua Perpadi Jakarta Billy Haryanto mengatakan, beras selundupan sudah sampai ke Palembang, Sumatra Selatan, bukan hanya di Batam. 

"Beras selundupan sudah merajalela. Ada di mana-mana. Info terbaru susah sampai di Palembang. Di sana ada terminal khusus yang digunakan untuk memasukkan beras selundupan dari Vietnam," ujarnya, Kamis (17/11)

Billy mengatakan para penyelundup ini memanfaatkan momen di tengah stok beras yang kian menipis di Indonesia. Di Pasar Induk Cipinang saja, kata dia, stok beras tinggal 25 ribu ton dan bakal habis dalam dua minggu ke depan. 

Berdasarkan informasi di lapangan,  Billy mengakui sudah mengantongi beberapa nama yang menjadi pelaku penyelundupan beras. "Satgas pangan juga sudah punya data mereka," katanya. 

Satgas pangan yang dimaksud adalah satuan khusus di bawah Polri yang mengurusi soal pangan. Menurut Billy, satgas pangan sudah memiliki informasi dan data yang kuat bagaimana cara menyelundupkan beras dari luar. 

Karenanya, ia meminta agar aparat penegak hukum untuk segera menyelesaikan persoalan pangan dengan menciduk para pelaku. "Yang rugi kan negara gak dapat apa-apa dari selundupan itu. Yang untung penyelundup karena berasnya murah dan keuntungan melimpah," pungkasnya. (OL-8)

BERITA TERKAIT