27 September 2022, 16:10 WIB

Bogasari Raih Penghargaan Manajemen Energi Tingkat Dunia


Media Indonesia | Ekonomi

DOK/BOGASARI
 DOK/BOGASARI
 Senior Vice President Manufacturing Bogasari, Bobby Ariyanto menerima penghargaan Excellence in Energy Management 2022

KOMITMEN PT Indofood Sukses Makmur Tbk, Divisi Bogasari dalam mengelola  lingkungan dan energi terus mendapat apresiasi. Tidak hanya dari Pemerintah Indonesia tapi juga dari lembaga internasional berkelas dunia.

Yang terbaru, Bogasari mendapat penghargaan “Excellence in Energy Management 2022” di bidang energi. Penghargaan itu didapat dari ajang Energy Management Leadership Awards yang diselenggarakan Clean Energy Management (CEM) di Pennsylvania, Amerika Serikat, pada Kamis (23/9) waktu setempat.

Bogasari menjadi perusahaan tepung terigu atau flour mills asal Indonesia pertama yang mendapat penghargaan berkelas dunia ini. Mereka mengalahkan berbagai perusahaan berskala global lainnya.

Dalam siaran pers, Selasa (27/9), Senior Vice President Manufacturing Bogasari, Bobby Ariyanto yang menerima langsung penghargaan di Amerika Serikat mengungkapkan, juri menilai Bogasari telah berhasil melakukan penghematan energi di pabrik Bogasari Jakarta sebesar USD3.671.899 atau saving energi sebesar 210,690 Giga Joule (GJ) dengan rata-rata peningkatan performa sebesar 16,6% selama kurun waktu 3 tahun, yaitu 2019-2021.

“Pemenang dipilih berdasarkan studi kasus yang terstruktur dan dianalisis oleh panel ahli internasional yang independen,” kata Bobby.

Penerapan ISO 50001 yang diterapkan Bogasari berdampak pada penurunan emisi gas rumah kaca sebesar 27.520 metrik ton dan pengurangan total biaya utilitas sebesar 9,2% dari USD6,5/ton produk di tahun 2018 menjadi UD5,9/ton produk di tahun 2021.

Adapun biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk mengimplementasikan sistem manajemen energi yaitu sebesar USD 53.390.

Bogasari juga terpilih mewakili Indonesia dalam ajang CEM, karena di tahun yang sama berhasil memenangkan Subroto Award untuk kategori industri besar tingkat nasional.


4 Perusahaan


Ada 29 institusi atau perusahaan dari 20 negara yang menjadi peserta kompetisi ini. Empat di antaranya berasal dari Indonesia yakni Bogasari, PT Kilang Pertamina Internasional Refinery Unit IV Cilacap PT Pamapersada Nusantara dan PT Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore.

Namun dari Indonesia hanya Bogasari yang berhasil meraih penghargaan “Excellence in Energy Management 2022” pada kompetisi Energy Management Leadership Awards tahun 2022 di Amerika Serikat itu.

Sementara itu, 2 peserta dari negara lain yang berhasil meraih penghargaan sama dengan Bogasari yakni Excellence in Energy Management adalah Grupo Libertad dari Argentina (perusahan toko dan mal) melakukan penghematan biaya energi sebesar USD 45.000 dan meningkatkan kinerja energinya sebesar 12% selama dua tahun.

Yang ke-2 adalah Tyndall National Institute dari Irlandia (persuhaan penelitian Eropa) yang  melakukan penghematan biaya energi sebesar USD 152.373 dan menghemat 7.591 GJ

“Bagi Bogasari, penghargaan ini merupakan pembuktian sekaligus pencapaian Bogasari melakukan manajemen efisiensi dan eneri dengan baik. Selain itu, Bogasari juga selalu menciptakan budaya sustainability tidak hanya untuk organisasi tetapi juga bagi seluruh karyawan Bogasari,” tambah Bobby Ariyanto.

Ia mengungkapkan dengan adanya penghargaan ini Bogasari makin bersemangat untuk segera menerapkan Manajemen Energi ISO 50001 di 3 pabrik lainnya yakni di Surabaya, Cibitung, dan Tangerang.

 

Kebanggaan


Atas penghargaan kelas dunia ini, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia ESDM, Kementerian ESDM, Prahoro Yulianto Nurtjahjo  menyampaikan rasa bangga dan ungkapan selamat kepada Bogasari atas prestasi yang luar biasa mewaliki industri nasional yang ada di Indonesia.

“Semoga ini mendorong semua perusahaan lainnya untuk menunjukkan eksitensinya di dunia global dalam bidang efisiensi energi," ujar Prahoro.

Clean Energy Ministerial (CEM) adalah sebuah forum internasional tingkat tinggi untuk mempromosikan energi bersih. CEM Energy Management Leadership Award merupakan penghargaan yang diberikan kepada perusahaan yang menunjukkan keberhasilan serta inovasi dalam penerapan ISO 50001: Sistem Manajemen Energi.

Setiap tahunnya, CEM melaksanakan program Energy Management Leadership Award melalui kegiatan Energy Management Working Group. Pada 2019, PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk, Divisi Noodle, sebagai sister company Bogasari, juga memenangkan penghargaan dengan kategori yang sama. (N-2)

BERITA TERKAIT