19 September 2022, 09:10 WIB

BPJAMSOSTEK Gandeng Karang Taruna Jadi Agen Perisai


mediaindonesia.com | Ekonomi

Ist
 Ist
BPJAMSOSTEK Kantor Cabang Jakarta Sudirman menggandeng Karang Taruna di Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan, menjadi agen Perisai.

AGEN Perisai (Penggerak Jaminan Sosial Indonesia) merupakan individu yang merupakan anggota Kantor Perisai dan bertugas melakukan sosialisasi dan akuisisi serta membantu pengurusan administrasi kepesertaan program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek).

Dibentuknya agen Perisai agar dapat menjangkau lebih luas lagi seluruh pekerja Indonesia baik formal maupun informal.

Agar para pekerja tersebut dapat segera memperoleh akses jaminan sosial BPJS ketenagakerjaan menyusun inisiatif strategis dengan mengimplementasikan sistem keagenan jaminan sosial melalui program Perisai.

Sementara Karang Taruna merupakan organisasi pemuda yang hadir di tengah masyarakat, untuk membantu masyarakat dalam bidang sosial kemasyarakatan.

Tentunya anggota Karang Taruna lebih dekat dan mengerti kondisi sosial masyarakat yang berada di lingkungan mereka.

Oleh karena itu BPJAMSOSTEK Kantor Cabang Jakarta Sudirman dalam hal ini menggandeng Karang Taruna di Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan, menjadi agen Perisai.

Anggota Karang Taruna menjadi perpanjangan tangan untuk mensosialisasikan manfaat Jamsostek dan membantu pelaku usaha UMKM di sekitar lingkungan Kecamatan Setiabudi untuk mendaftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Pada Rabu (14/9),  BPJAMSOSTEK Kantor Cabang Jakarta Sudirman telah mengundang perwakilan anggota Karang Taruna Kecamatan Setiabudi untuk memperkenalkan mengenai  Agen Perisai BPJS Ketenagakerjaan  kepada mereka.

 Ada delapan kelurahan di Kecamatan Setiabudi yang diundang yaitu Kelurahan Setiabudi, Karet, Karet Semanggi, Karet Kuningan, Kuningan Timur, Menteng Atas, Pasar Manggis, dan Guntur.

Perkenalan mengenai agen Perisai disampaikan oleh Aldhi Aditya selaku Kepala Bidang Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Jakarta Sudirman.

Pada kesempatan tersebut Aldhi Aditya  juga menyampaikan bahwa Saiful Bahri, salah satu dari pemuda Karang Taruna yang hadir pada kesempatan itu ada yang sudah menjadi agen Perisai BPJAMSOSTEK Kantor Cabang Jakarta Sudirman.

Saiful Bahri dari Karang Taruna Kelurahan Karet Kuningan berperan aktif mensosialiasasikan program dan manfaat serta membantu mendaftarkan pelaku usaha UMKM di lingkungannya menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Suhuri  Selaku Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Jakarta Sudirman pada kesempatan tersebut  berpesan agar menjadikan momen ini untuk mengingatkan akan pentingnya perlindungan hak hak dasar para pekerja yang tidak boleh dilupakan oleh pemerintah dan pemberi kerja.

Ia pun mengajak masyarakat untuk menumbuhkan kesadaran akan pentingnya jaminan sosial, dan juga bagi pekerja sektor informal untuk dapat ikut menjadi peserta BPJamsostek mulai dari supir angkutan, pemilik warung, petani, pelaku UMKM bisa mengikuti program BPU BPJS Ketenagakerjaan.

Dengan begitu, menurut Suhuri, masyarakat bisa mencari penghasilan lebih aman dan terjamin. Terutama ketika terjadi hal hal yang tidak diinginkan.

“Mari kita berdoa bersama-sama agar pandemi ini segera berakhir agar kita dapat menjalankan aktivitas normal seperti biasanya dan sekali lagi kami sampaikan agar selalu menjaga kesehatan," jelasnya.

"Serta bahu membahu dan bergandengan tangan menghadapi tantangan ini hingga akhirnya nanti perekonomian  pulih dan para pekerja Indonesia bisa keluar dari masa sulit, ” tutup Suhuri. (RO/OL-09)

BERITA TERKAIT