25 August 2022, 12:31 WIB

Satgas P2MI Projo Pantau Keberangkatan Pekerja Migran di Bandara Soetta


mediaindonesia.com | Ekonomi

Ist
 Ist
Satgas P2MI Projo Banten melakukan pemantauan keberangkatan pekerja migran Indonesia di Bandara Soekarno-Hatta, Rabu (24/8) malam.

SEBANYAK 30 orang anggota Satgas Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (P2MI) Projo melakukan pemantauan di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, setelah menggelar acara Sosialisasi Satgas P2MI Projo Banten di D'Prima Hotel Tangerang.

Ketua Satgas P2MI Projo, Sinnal Blegur mengatakan, ada indikasi pemberangkatan Pekerja Migran Indonesia (PMI) secara unprocedural di Bandara Soekarno-Hatta.

"Kami satgas P2MI Projo melakukan pemantauan di bandara Soekarno-Hatta karena kami mendengar pemberangkatan PMI ilegal terus dilakukan. Dan hari ini, malam ini, kami melakukan pemantauan. Kami ingin menyaksikan secara langsung bagaimana proses pemberangkatan PMI Unprosuderal terjadi," kata Sinnal Blegur, Rabu (24/8) malam di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Sebelum melakukan pemantauan, Satgas P2MI Projo melakukan koordinasi kepada pihak-pihak yang berwenang.

"Kami tetap mematuhi dan menghormati aturan yang ada seperti tetap menggunakan masker, melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian, Pospol dan BP2MI di bandara," kata Sinnal dalam keterangan pers, Kamis (25/8).

Baca juga: Pemerintah Siap Pulanglan TKW asal Bali yang Telantar di Turki

Satgas P2MI Projo didampingi anggota BP2MI yang bertugas untuk melihat berbagai aktivitas calon penumpang mulai dari antrian di loket, hilir mudik di imigrasi hingga berkunjung ke kantor BP2MI di Bandara.

"Kami minum kopi dan berbincang-bincang terkait PMI. Anggota BP2MI yang bertugas merasa senang atas kunjungan ini dan Kami (Satgas P2MI Projo) sepakat akan terus melakukan pemantauan bersama-sama," ujar Sinnal.

Karena, hingga malam ini, Satgas P2MI Projo masih berpendapat memiliki tujuan yang sama yaitu menjalankan perintah Presiden Jokowi untuk menjaga Pekerja Migran Indonesia dari ujung rambut hingga ujung kaki.

“Kita harus bekerjasama karena punya tugas yg sama, dari sisi pemerintah dan non pemerintah seperti kami, “Harusnya senang dong kita kunjungi. Kalau tidak senang berarti ada sesuatu tho, dan kalo ada masalah mari kita bicara,” tutup Sinnal Blegur. (RO/OL-09)

Sebelumnya, Satgas P2MI Projo menggelar acara Sosialisasi Satgas P2MI Projo Banten di D'Prima Hotel Tangerang. Acara tersebut dihadiri sekira 50 orang.

BERITA TERKAIT