22 August 2022, 16:15 WIB

Barata Indonesia Ekspor Komponen Pembangkit Listrik ke Korsel


Insi Nantika Jelita | Ekonomi

Antara
 Antara
Petani beraktivitas di sawah dengan latar belakang tower listrik.

PT Barata Indonesia (Persero) mengekspor dua unit Low Pressure Outer Casing (LP Outer Casing) yang menjadi produk komponen turbin untuk pembangkit listrik di Ulsan Korea Selatan, milik pemasok LPG terkemuka SK Gas Ltd.

Komponen pembangkit listrik itu digunakan untuk Pembangkit Listrik jenis Combined–Cycle (siklus gabungan), yakni Ulsan Gas Fired Combined Cycle Power Plant-1.122 megawatt (MW), serta pabrik polypropylene (PP) di Ulsan.

”Kepercayaan SK Gas Ltd. kepada Barata Indonesia menjadi bukti mutu produk manufaktur nasional juga bersaing di tingkat internasional,” jelas Direktur Pemasaran Barata Indonesia Sulistyo Handoko dalam keterangannya, Senin (22/8).

Baca juga: Volume Ekspor Stagnan, BPS: Ada Sinyal Windfall Profit Berakhir

Proyek pembangkit listrik ini akan menyediakan aliran listrik di wilayah Ulsan, yang terkenal sebagai area klaster industri terbesar di Korea Selatan. Kota itu banyak diisi oleh industri otomotif, pembuatan kapal, serta petrokimia.

Sulistyo menyebut lingkup pekerjaan Divisi Pembangkit Barata Indonesia dalam proyek ini meliputi manufacturing atau pengolahan komponen utama turbin uap berkapasitas 1.122 MW.

Baca juga: Peringatan HUT RI, PLN Pastikan Keandalan Listrik Hajatan Negara

”Kami terus berupaya meningkatkan local content dan menambah variasi ekspor produk, baik di bidang energi maupun industri lainnya," imbuhnya.

Perseroan terus menggenjot produktivitas usaha, khususnya pembangkit listrik dan komponen kereta api, yang diharapkan dapat meningkatkan partisipasi perseroan dalam peluang domestik hingga pasar global.

Sebelumnya, Barata Indonesia juga melakukan ekspor produk Condenser dan LP Outer Casing untuk proyek pembangkit listrik Smart Energy Center dengan kapasitas 570 MW. Itu merupakan pembangkit milik perusahaan Korea Selatan, SK Hynix, yang berlokasi di Cheongju.(OL-11)
 

BERITA TERKAIT