18 August 2022, 12:15 WIB

Presiden Minta Menteri Perhubungan Turunkan Harga Tiket Pesawat


Andhika Prasetyo | Ekonomi

MI/Sumaryanto Bronto
 MI/Sumaryanto Bronto
Presiden Joko Widodo

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi segera menurunkan harga tiket pesawat yang begitu tinggi saat ini. Menurutnya, itu menjadi salah satu komponen yang berkontribusi cukup besar dalam kenaikan inflasi di sepanjang tahun ini.

"Di lapangan saya dengar keluhan harga tiket pesawat tinggi. Saya perintahkan Pak Menhub ini segera diselesaikan," ujar Jokowi saat membuka Rakornas Pengendalian Inflasi 2022 di Istana Negara, Jakarta, Kamis (18/8).

Tidak hanya Menteri Perhubungan, kepala negara juga menugaskan Menteri BUMN Erick Thohir untuk melakukan langkah-langkah strategis sehingga harga angkutan udara ke depan bisa kembali normal.

"Kepada Menteri BUMN, saya sampaikan segera tambah pesawat agar harga bisa kembali pada keadaan normal meskipun saya tahu itu tidak mudah karena harga avtur internasional juga tinggi," tutur mantan wali kota Solo itu.

Baca juga: Presiden Minta Kepala Daerah Kerja Sama dengan Tim Pengendali Inflasi

Menanggapi instruksi itu, Menhub mengaku sudah melakukan sejumlah upaya guna menekan harga tiket pesawat. Ia telah mengundang kepala-kepala daerah dan perusahaan penerbangan membahas tantangan dan kendala yang selama ini terjadi di lapangan.

Budi menjelaskan, selama ini, tingginya tarif angkutan udara disebabkan inefisiensi di sejumlah daerah. Banyak sekali penerbangan yang tidak terisi penuh pada hari-hari biasa. Demi menutup kerugian itu, akhirnya maskapai harus mematok harga tiket tinggi, terutama di momentum liburan.

"Banyak inefisiensi terjadi. Banyak angkutan udara yang keterisiannya tidak sampai 50%. Dengan ketidakterisian itu, mereka harus menetralisir harga. Harga itu kan berbanding lurus dengan keterisian. Banyak sekali di daerah yang keterisiannya di hari-hari tertentu rendah. ini yang harus ditangani," jelas Budi.

Oleh karena itu, ia telah memberi arahan kepada para kepala daerah untuk bisa lebih kuat lagi dalam mempromosikan destinasi-destinasi wisata yang ada di kawasan masing-masing. Jika itu bisa dilakukan dengan baik dan okupansi pesawat melonjak, harga tiket pasti bisa ditekan.

"Kita akui di satu sisi memang benar avtur mengakibatkan harga tiket naik tapi ada juga manajemen yang harus dikoordinasikan dengan daerah sehingga inflasi bisa dijaga," tandasnya. (P-5)

BERITA TERKAIT