07 August 2022, 17:27 WIB

Erick Thohir Dinilai Bantu Merdekakan Ekonomi Masyarakat Kecil lewat Program Mekaar


Mediaindonesia.com | Ekonomi

MI/ Susanto
 MI/ Susanto
Menteri BUMN Ericl Thohir

MENTERI ABUMN Erick Thohir dinilai berhasil membantu memerdekakan ekonomi masyarakat kecil. Salah satunya melalui program Mekaar yang digagas Erick Thohir melalui PT Permodalan Nasional Madani (PNM).

Mekaar merupakan singkatan dari Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera. Program tersebut merupakan layanan pendanaan bagi pelaku usaha ultramikro yang khusus ditunjukkan bagi ibu-ibu.

Program Mekaar ini tidak hanya menyalurkan bantuan dana saja. Layanan PNM Mekaar meliputi kompetensi kewirausahaan dan pengembangan bisnis yang berguna untuk jangka panjang agar nasabah bisa mandiri.

Selain itu Mekaar juga menawarkan peminjaman modal tanpa menggunakan jaminan. Terlebih, Mekaar juga memberikan pelatihan peningkatan metode mengelola keuangan.

Melalui Program Mekaar dari Erick Thohir ini, banyak masyarakat yang terbantu secara ekonominya. Sri Hartiningsih, 54, perempuan asal Jombang menjadi salah satu perempuan yang sudah merasakan manfaat dari program tersebut.

“Alhamdulillah berkat program Mekaarnya Pak Erick Thohir, saya bisa buka usaha sendiri. Ini mimpi saya yang akhirnya terwujud setelah sebelumnya harus tertahan karena belum ada modal,” ujar Sri.

Selain Sri, manfaat program Mekaar juga dirasakan oleh Upi Zuroidah. Wanita asal Surabaya berusia 43 tahun itu mengatakan melalui bantuan modal usaha dari Mekaar, ekonomi keluarganya sangat terbantu. 

“Pinjaman modal dari Mekaar alhamdulillah saya gunakan untuk membuka usaha ikan asap di Kenjeran. Hasilnya lumayan, bisa bantu-bantu kebutuhan sehari-hari. Terima kasih Pak Erick Thohir,” ucap Upi.

Selain Sri dan Upi, Program Mekaar juga telah membantu banyak masyarakat di berbagai daerah. Tercatat kini nasabah Mekaar di seluruh Indonesia sudah mencapai 12,7 juta jiwa.

PT Permodalan Nasional Madani (PNM) menyalurkan kredit sebesar Rp29,27 triliun atau tumbuh 26,07 persen secara tahunan (year on year) pada Juni 2022 dengan penopang utama PNM Mekaar, yang tumbuh 30,60 persen. (Ant/OL-8)

BERITA TERKAIT