13 July 2022, 11:49 WIB

Erick Thohir Siap Terbitkan 100 Ribu NIB per Hari


Andhika Prasetyo | Ekonomi

ANTARA FOTO/Dhemas R
 ANTARA FOTO/Dhemas R
Menteri BUMN Erick Thohir

MENTERI BUMN Erick Thohir bersama Menteri Investasi Bahlil Lahadalia dan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengaku siap menerbitkan 100 ribu Nomor Izin Berusaha (NIB) per hari sebagaimana ditargetkan Presiden Joko Widodo.

Erick mengatakan sudah memiliki strategi untuk menjalankan arahan tersebut. Ke depan, ia menjelaskan, Online Single Submission (OSS), sebagai sistem yang mengeluarkan NIB akan diintegrasikan dengan program PNM Mekaar yang berada di bawah naungan Kementerian BUMN.

Saat ini, program yang memberikan pinjaman modal usaha maksimal Rp4 juta itu sudah memiliki 12,7 juta nasabah.

"Kami bertiga sudah berdiskusi. Kami akan menyambungkan OSS dengan data yang ada di PNM Mekaar. Di sana ada 12,7 juta nasabah, sebagian besar ibu-ibu dengan pinjaman Rp1 juta-Rp4 juta. Kemudian kita sambungkan juga data nasabah UMKM di bank-bank Himbara. Insya Allah, kalau ini bisa disambungkan, 10 juta NIB terbit tahun ini bukan hal yang tidak mungkin," kata Erick selepas acara Pemberian (NIB) Pelaku UMKM Perseorangan di Jakarta, Rabu (13/7).

Baca juga: Presiden: Harus Ada 100 Ribu NIB Terbit Setiap Hari

Ia juga meminta seluruh kepala daerah untuk terbuka dan bekerja sama dengan pemerintah pusat. Gubernur, bupati, dan wali kota harus bisa memberi edukasi dan pengarahan kepada para pelaku UMKM hingga akhirnya bisa memperoleh NIB.

"Tentu kita berharap gubernur, bupati, wali kota harus terbuka, bekerja sama dengan kami bertiga. Tidak mungkin program ini sukses kalau kita tidak bekerja sama," tukas Erick.(OL-5)

BERITA TERKAIT