11 July 2022, 19:25 WIB

Bandara AP II Buka Sentra Vaksinasi Booster bagi Penumpang Pesawat


Ficky Ramadhan | Ekonomi

ANTARA/Muhammad Iqbal
 ANTARA/Muhammad Iqbal
 Seorang calon penumpang mengikuti vaksinasi booster covid-19 di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (8/7).

PT Angkasa Pura (AP) II mulai 17 Juli 2022 menerapkan regulasi terbaru terkait Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) dan Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) yang menjadikan vaksin dosis ketiga (booster) menjadi syarat perjalanan.

Dalam hal tersebut, AP II mendukung kebijakan tersebut dengan membuka sentra vaksinasi di bandara yang dikelolanya.

"Bandara AP II telah membuka sentra vaksinasi khusus dosis ketiga (booster) dan menyediakan lokasi tes RT-PCR maupun antigen," ujar VP of Corporate Communications AP II Akbar Putra Mardhika dalam keterangannya di Jakarta, Senin (11/7).

Bandara AP II membuka sentra vaksinasi booster termasuk di Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan bandara terbesar dan tersibuk di Indonesia. Bandara Soekarno-Hatta membuka tiga sentra vaksinasi booster yaitu di Terminal 1, Terminal 2, dan Terminal 3 yang dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.

Selain Bandara Soekarno-Hatta, bandara AP II lainnya yang turut membuka sentra vaksinasi booster ialah Bandara Kualanamu (Deli Serdang), Supadio (Pontianak), Minangkabau (Padang), Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang), Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru), Husein Sastranegara (Bandung), dan Sultan Iskandar Muda (Banda Aceh).


Baca juga: Indonesia Kucurkan US$50 Juta untuk Pencegahan, Kesiapsiagaan, Respons Pandemi


Selain itu juga di Bandara Raja Haji Fisabilillah (Tanjungpinang), Sultan Thaha (Jambi), Depati Amir (Pangkal Pinang), Silangit (Tapanuli Utara), Banyuwangi (Banyuwangi), Tjilik Riwut (Palangkaraya), Radin Inten II (Lampung), HAS Hanandjoeddin (Tanjung Pandan).

Dalam membuka sentra vaksinasi booster di seluruh bandara AP II, Akbar berharap para penumpang dapat mengikuti regulasi yang ada dan sentra vaksinasi tersebut bisa mendorong vaksinasi booster di Indonesia.

"Kami berharap penumpang dapat memenuhi regulasi dengan baik. Kami juga berharap sentra vaksinasi booster di bandara AP II dapat turut mendorong tingkat vaksinasi booster di Indonesia untuk mendukung penanganan covid-19," ujar Akbar.

Upaya itu dilakukan sejalan dengan Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 70/2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Udara Pada Masa Pandemi Covid-19, dan SE Kementerian Perhubungan No 71/2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Luar Negeri Dengan Transportasi Udara Pada Masa Pandemi Covid-19.

"AP II sebagai pengelola 20 bandara telah berkoordinasi dengan seluruh stakeholder untuk memberlakukan regulasi terbaru mulai 17 Juli 2022 sesuai SE Kemenhub bagi penumpang pesawat rute domestik dan rute internasional. AP II bersama stakeholder juga akan mendukung penumpang agar dapat menjalani regulasi terbaru ini dengan baik dan lancar," tutup Akbar. (S-2)

 

BERITA TERKAIT