11 July 2022, 13:11 WIB

Pemerintah Mulai Bangun Kavling di IKN Nusantara


Andhika Prasetyo | Ekonomi

Antara
 Antara
Petugas mengoperasikan alat berat dalam pembangunan akses jalan di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

KEMENTERIAN Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mulai membangun kavling untuk sejumlah gedung pemerintahan kawasan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada 15 Juli mendatang.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyebut saat ini pemerintah dalam proses lelang, yang diikuti sejumlah kontraktor dari dalam negeri.

"Sekarang sedang dilelang. Nanti tanda tangan kontraknya Juli, Agustus, September, Oktober," ujar Basuki di Istana Kepresidenan, Senin (11/7).

Baca juga: Pembangunan IKN Butuh Dana Besar, LMAN: Kami Siap Dukung

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa dalam melaksanakan lelang, pemerintah menyodorkan desain dasar gedung pemerintahan. Nantinya, para kontraktor dipersilakan berinovasi, namun tetap memegang desain dasar yang ditentukan.

"Kita siapkan desain dasarnya. Nanti pemenangnya mendetilkan desainnya dan membangun. Itu namanya design and build, rancang bangun," imbuh Basuki.

Baca juga: Sulteng Siap Menjadi Daerah Penyangga Pangan IKN Nusantara

Untuk tahap awal, pembangunan yang menjadi prioritas adalah Istana Presiden dan Istana Wakil Presiden. Kemudian, kantor kementerian koordinator, gedung DPR dan lembaga tinggi negara lainnya. 

Adapun jalan nasional yang menghubungan IKN dengan sejumlah daerah sekitar, juga menjadi salah satu fokus utama pemerintah.(OL-11)

 

BERITA TERKAIT