05 July 2022, 21:38 WIB

Shell Bergabung dengan Proyek Gas Raksasa Qatar


Mediaindonesia.com | Ekonomi

AFP/Karim Jaafar.
 AFP/Karim Jaafar.
CEO Qatar Energy Saad Sherida al-Kaabi (kanan) dan CEO Shell Ben van Beurden di kantor pusat QatarEnergy di Doha, Selasa (5/7).

SHELL bergabung dengan proyek Qatar Energy senilai US$29 miliar untuk memperluas produksi di ladang gas alam terbesar di dunia pada Selasa (5/7). Ia menjadi mitra internasional kelima dan terakhir.

Perusahaan yang berbasis di Inggris itu mengambil 6,25% saham dengan jumlah yang tidak diungkapkan. Ia bergabung dengan TotalEnergies, Eni, ConocoPhillips, dan ExxonMobil dalam proyek North Field East.

Ekspansi North Field ialah proyek gas alam cair (LNG) terbesar yang pernah ada, kata Qatar Energy. Itu terjadi pada saat ketegangan geopolitik yang intens atas pasokan energi.

Pembangunan senilai US$28,75 miliar diperkirakan meningkatkan produksi Qatar dari saat ini 77 juta ton per tahun menjadi 110 juta ton pada 2027. "Sebagai salah satu pemain terbesar dalam bisnis LNG, (Shell) memiliki banyak hal untuk membantu memenuhi permintaan dan keamanan energi global," kata Menteri Energi Qatar Saad Sherida al-Kaabi, yang juga presiden dan CEO Qatar Energy.

Qatar Energy memperkirakan bahwa North Field, yang membentang di bawah laut Teluk ke wilayah Iran, memiliki sekitar 10% dari cadangan gas dunia yang diketahui. Proyek LNG itu--bentuk gas yang didinginkan yang membuatnya lebih mudah untuk diangkut--diharapkan mulai beroperasi pada 2026.

Proyek itu menjadi semakin penting secara internasional setelah pasokan energi Eropa terpukul menyusul invasi Rusia ke Ukraina. Korea Selatan, Jepang, dan Tiongkok menjadi pasar utama untuk LNG Qatar.

Baca juga: Kapal Tanker Minyak Iran Ketiga Tiba di Suriah

Namun sejak krisis energi melanda Eropa tahun lalu, negara Teluk itu membantu Inggris dengan pasokan tambahan dan juga mengumumkan kesepakatan kerja sama dengan Jerman. Eropa di masa lalu telah menolak kesepakatan jangka panjang yang Qatar harapkan, tetapi perang Ukraina telah memaksa perubahan sikap.

Gas Qatar ialah salah satu yang termurah untuk diproduksi dan memicu keajaiban ekonomi di kepulauan kecil itu. PDB per kapitanya tertinggi di dunia. Qatar juga diperkirakan mengumumkan rincian ekspansi lain, North Field South, dalam beberapa bulan mendatang. (AFP/OL-14)

BERITA TERKAIT