04 July 2022, 23:39 WIB

Mendag Klaim Harga Minyak Goreng Curah Sudah Rp14 Ribu per Liter


M. Ilham Ramadhan Avisena/Andhika prasetyo | Ekonomi

Antara
 Antara
Mendag Zulkifli Hasan saat memantau harga minyak goreng curah di pasar wilayah Sulawesi Tengah.

MENTERI Perdagangan Zulkifli Hasan menyatakan bahwa harga minyak goreng curah telah menyentuh kisaran Rp14 ribu per liter di sejumlah wilayah. 

Menurutnya, hal tersebut merupakan progres yang baik. Sebab, harga bahan pokok itu telah sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET).

"Harga minyak goreng curah sudah hampir merata di Tanah Air, sekitar Rp14 ribu (per liter). Bahkan, di Jawa di bawah Rp14 ribu," ujar Zulhas, sapaan akrabnya, di Istana Kepresidenan, Senin (4/7).

Baca juga: Pembelian Minyak Goreng Lewat PeduliLindungi untuk Cegah Spekulan

Lebih lanjut, dia mengatakan pemerintah tetap menyalurkan minyak goreng curah murah kepada masyarakat. Penyaluran minyak goreng curah tersebut dilakukan di sejumlah wilayah Indonesia.

Sejalan dengan langkah itu, pelaku industri minyak kelapa sawit diimbau membeli Tandan Buah Segar (TBS) dengan kisaran Rp1.600 per kilogram (kg). Pasalnya, harga TBS diketahui masih cukup rendah.

Baca juga: Inflasi Juni Lampaui Target 4%, BPS: Perlu Waspada

Zulhas pun menargetkan harga TBS akan normal dalam satu bulan ke depan. Hal ini seiring dengan upaya percepatan ekspor CPO dan produk turunannya.

"Ini sifatnya imbauan (pembelian TBS Rp1.600 per kg). Saya hari ini akan perintahkan Dirjen Perdagangan Dalam Negeri untuk menaikkan DMO (Domestic Market Obligation)," pungkasnya.(OL-11)

 

BERITA TERKAIT