30 June 2022, 18:45 WIB

Merek Pilihan Konsumen di Ranah Digital


Mediaindonesia.com | Ekonomi

DOK Tras N Co Indonesia.
 DOK Tras N Co Indonesia.
Para pemenang Brand Choice.

SEJAK teknologi internet berkembang, perlahan tetapi pasti dunia bisnis bergerak dari offline ke online. Tingginya penggunaan internet dalam kehidupan sehari-hari pun melahirkan budaya baru masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya melalui pencarian produk bahkan membelinya secara online. 

Hadirnya lansekap baru bisnis di ranah digital, pelaku merek (brand) berlomba-lomba membangun kanal penjualan online untuk meningkatkan penjualan produk yang dimiliki. Untuk meningkatkan penjualan pelaku juga dituntut membuat produk yang ditawarkan mudah ditemukan dan menarik untuk dibeli. Menjawab kebutuhan terhadap kanal penjualan di ranah digital, situs marketplace bermunculan membuat ekosistem bisnis digital semakin lengkap sebagai platform belanja online yang menghubungkan antara penjual dengan pembeli, bahkan layanan pengiriman dan pembayaran. 

Bagi pelaku merek, beragam fitur marketplace dapat dimaksimalkan agar produk mudah ditemukan dan menarik pembeli melalui review dan rating. Pesatnya perkembangan e-commerce Indonesia dapat dilihat laporan Bank Indonesia, yang mengungkap nilai transaksi perdagangan elektronik atau e-commerce sepanjang 2021 mencapai Rp401 triliun. Bahkan pada tahun ini, BI memperkirakan transaksi e-commerce akan mencatatkan nilai yang lebih tinggi mencapai Rp526 triliun atau naik 31,2% dibanding 2021. 

Untuk melihat merek pilihan konsumen di ranah digital Tras N Co Indonesia, perusahaan consulting yang fokus pada penilaian brand di Indonesia, melakukan pengukurannya melalui marketplace. Tri Raharjo, CEO Tras N Co Indonesia, mengatakan perubahan lanskap bisnis dari offline ke online diikuti meningkatnya aktivitas brand-brand baik lokal maupun internasional dalam melakukan pemasaran produk di ranah digital dan marketplace. Pelaku brand meyakini dengan meningkatkan aktivitas brand di ranah digital akan meningkatkan keterpilihannya. 

Keberadaan marketplace sangat membantu konsumen untuk memperoleh produk pilihan berkualitas. Pasalnya marketplace tidak hanya menyajikan kelengkapan produk dari seluruh brand, tetapi juga menyediakan berbagai alat untuk memanjakan konsumennya, seperti search, rating, dan review. "Brand dengan pencarian terbanyak di ranah digital atau marketplace serta punya ulasan terbaik dari konsumen pengguna marketplace, tentu brand tersebut akan menjadi pilihan konsumen," jelas Tri Raharjo. 

Baca juga: Ekonomi Vietnam Kuartal II Tumbuh Tercepat selama 11 Tahun

Ke depan, aktivitas brand di ranah digital akan semakin tinggi. Karena itu, pihaknya secara rutin melakukan penilaian Brand Choice untuk mengetahui merek terpilih di ranah online. Penilaian sendiri dilakukan berdasarkan tiga kriteria yakni Digital Brand Awareness Aspect, Brand Reviews & Rating Aspect, dan Digital Consumer Choice Aspect. "Penilaian Brand Choice kali ini dilakukan pada Maret hingga Mei 2022 terhadap 162 kategori produk dengan lebih dari 1.000 brand," jelas Tri Raharjo. 

CEO Infobrand.Id Susilowati Ningsih menambahkan pihaknya bekerja sama dengan Tras N Co Indonesia menghadirkan Brand Choice Award 2022 Fase 4 sebagai bentuk apresiasi terhadap merek nasional maupun internasional yang berhasil memasarkan produk mereka melalui marketplace di Indonesia sehingga menjadi pilihan konsumen. Menurutnya, di tengah gempuran teknologi yang berkembang cepat dengan semakin bertumbuhnya official store di marketplace, ini menuntut brand untuk melakukan inovasi serta mengikuti perkembangan zaman. Sekarang merek juga dituntut punya tingkat pencarian terbanyak serta rating terbaik untuk menjadi brand pilihan konsumen. "Pasalnya, sebagian konsumen saat ini bermigrasi mengikuti tren dengan menggunakan marketplace ketika berbelanja," jelas Susi. 

Tri Raharjo menjelaskan, hasil penilaian Brand Choice untuk fase 4 terhadap 162 kategori produk terdapat 15 kategori produk dengan akumulasi penjualan terbanyak antara lain masker KN95 sebanyak 1,44 juta transaksi, pulpen 1,1 juta transaksi, deodorant roll on wanita 944,6 ribu transaksi, dan pengharum ruangan 896,2 ribu transaksi. "Sepanjang periode penilaian dilakukan, dari 162 kategori produk, total terdapat 17,21 juta akumulasi transaksi, 9,8 juta akumulasi review dengan rating rata-rata 4,85. Dilihat dari ulasan halaman internet terkait produk dalam satu tahun terakhir terdapat 1,4 juta," ungkapnya. Peraih Brand Choice Award 2022 fase 4 antara lain Ecovacs untuk kategori robot vacuum cleaner, Hasston untuk kategori gergaji dan palu, Denali untuk kategori syrup gourmet, Semar Nusantara untuk kategori cincin emas, gelang emas, kalung emas, dan anting emas, serta SFIDN Fits untuk kategori resistance band dan yoga roller. (RO/OL-14) 

BERITA TERKAIT