29 June 2022, 13:41 WIB

Produsen Kapsul dari India Jajaki Bisnis dengan Nucleus Farma


Mediaindonesia.com | Ekonomi

DOK Pribadi.
 DOK Pribadi.
Henry Komala (kiri) dan Edward Basilianus (tiga dari kiri).

ASSOCIATED Capsule Group (ACG) dari India menjajaki kerja sama PT Natura Nuswantara Nirmala (Nucleus Farma). ACG merupakan produsen kapsul yang melayani pelanggan dari industri farmasi, nutraceutical, dan suplemen makanan di 100 negara. Perusahaan yang didirikan pada 1964 itu kini memiliki 15 pabrik di sejumlah negara.

"Mereka produsen kapsul besar dunia yang memiliki teknologi pembuatan kapsul. Ternyata tadi diterangkan mereka ada banyak jenis kapsul. Ada teknologi pembuatan kapsul yang belum ada di dunia," ujar Henry Komala selaku Direktur Nucleus Farma, Jakarta, Selasa (28/6). Pihaknya menyambut baik kunjungan ini karena dapat mengembangkan bisnis bersama ACG Capsules di kemudian hari dalam bentuk kerja sama.

Nucleus Farma merupakan perusahaan bioteknologi yang menggunakan bahan alami sebagai bahan utama pembuatan obat serta teknologi terkini salah satunya green extraction biotechnology LTLP (Low Temperature and Low Pressure). Teknologi tersebut Nucleus Farma kembangkan bersama para peneliti yang ahli di bidangnya, sehingga menghasilkan produk yang unggul berbasis riset ilmiah. Hal ini dibuktikan dengan produk yang sudah memiliki jurnal terpublikasi mandiri oleh tim New Product Development dan Riset Pengembangan Produk (NPD-RnD). 

"Bisa jadi produk obat dari bahan alami kami dapat menggunakan kapsul mereka. Harapan kami dengan kerja sama itu ke depan kami memperluas jaringan perusahaan di dunia lewat ACG. Dengan demikian kami dapat lebih mudah memasarkan produk kami ke dunia," tutur Henry. 

CEO Nucleus Farma Edward Basillianus menambahkan pihaknya pun mengajak ACG dan GP Jamu yang turut hadir untuk melihat sarana dan fasilitas produksi. Dalam sesi ini dijelaskan proses pengolahan bahan baku sampai produk jadi dikemas primer serta sekunder. Ketua Umum GP Jamu turut hadir dalam pertemuan itu yakni Dwi Ranny Pertiwi Zarman.

Baca juga: Raksasa Energi Prancis Desak Gerakan Pengurangan Konsumsi Nasional

Menurut Edward, tim ACG tertarik menjalin kerja sama dengan Nucleus Farma dalam mendukung riset pengembangan produk berbasis bahan alam. Mereka menyebutkan salah satu kapsul pabrikan ACG tidak menggunakan gelatin hewan seperti umumnya pembuatan kapsul melainkan berbahan dasar alam dan dikenal dengan ACG vegetarian capsule. "Hal tersebut sangat menarik dan ditangkap peluang pengembangan riset untuk uji coba skala laboratorium oleh tim NPD-RnD sehingga jika hasilnya bagus ini dapat mendukung klaim produk 100% berbahan dasar alam," tandasnya.

Pertemuan itu sangat penting karena pihak ACG langsung dihadiri oleh Ajit Singh dan Jasjit Singh selaku pendiri perusahaan. Ajit Singh mengapresiasi seluruh proses dan produk yang diproduksi Nucleus Farma yang berasal dari pemanfaatan bahan alami asli Indonesia. Banyak kerja sama yang dapat dilakukan, tidak hanya dalam hal memasok kapsul vegetarian, ACG pun siap berkolaborasi dengan mendukung produksi menggunakan mesin atau alat pabrikan ACG. (RO/OL-14)

BERITA TERKAIT