27 June 2022, 17:37 WIB

Permintaan Tinggi terhadap Rumah di Kabupaten Bogor dan Depok


Mediaindonesia.com | Ekonomi

DOK Pribadi.
 DOK Pribadi.
Harmoni Park Citayam.

PERMINTAAN rumah komersial dengan harga di bawah Rp500 jutaan di wilayah Kabupaten Bogor dan Depok, Jawa Barat, di semester pertama 2022 tergolong tinggi. Ini mendorong pengembang PT Prima Bangun Propertindo, anak perusahaan Vista Land Group, meluncurkan klaster terbarunya seluas 1,2 hektare, yaitu Harmoni Park Citayam.

Menurut Pimpinan Proyek PT Prima Bangun Propertindo, Harmoni Park Citayam, Agustinus Fran, daerah Citayam merupakan wilayah yang sudah mapan dengan penduduk yang padat. Karena wilayahnya sangat strategis, terutama kemudahan aksesibilitasnya, permintaan hunian berkualitas terus meningkat. "Sementara pasokannya sangat terbatas, sebab lahan untuk pengembangan perumahan juga sudah langka. Kalau pun ada, lokasinya sudah tidak ada di pinggir jalan. Harmoni Park Citayam persis di pinggir jalan yang cukup lebar," kata Agustinus di acara Grand Launching Harmoni Park Citayam akhir pekan lalu di Citayam. 

Total rumah yang akan dibangun di Harmoni Park Citayam, kata Agustinus, sekitar 90 unit dengan harga mulai Rp451 juta (all in) untuk tipe 36/72 yang sedang dipasarkan di lokasi terdepan. Rumah yang ditawarkan hanya satu tipe bangunan yaitu 36 m2 dengan luas tahan variatif, yaitu 36/60, 36/66 (LB/LT), 36/72, dan hoek. Lokasi proyek perumahan komersial kedua dari Vista Land Group itu tergolong strategis karena berada di Jalan Tugu Macan, Kecamatan Bojong Gede, Kabupaten Bogor. Wilayah ini berbatasan dengan Kota Depok yag hanya 700 meter dari Tugu Macan, sekitar 8 Menit ke Stasiun Citayam, dilalui angkot, hanya 10 menit Tegar Beriman 2, dan 10 menit ke Tol Depok-Antasari.

Selain itu, lanjut Agustinus, lokasi proyek ini termasuk wilayah bebas banjir, sebab elevasi tanahnya sangat tinggi dari muka air kali yaitu sekitar 8 meter. Tanahnya darat asli dan didukung dengan saluran U Ditch lingkungan, memiliki izin lingkungan, serta CSR pembuatan saluran buangan ke sungai. "Meski jumlah unitnya terbatas, fasilitas yang kami berikan benar-benar sekelas perumahan realestat. Terdapat taman bermain, dilengkapi CCTV, one gate system, dan ROW jalan 6,5 meter. Semua jalan menggunakan paving block, saluran pakai precast (U Ditch), saluran keluar cluster pakai gorong-gorong," jelasnya. 

Dalam penawaran perdana ini, pengembang memberikan promo uang muka 0% dan cukup booking fee Rp3,3 juta. Jika dinyatakan layak oleh bank, bisa langsung akad kredit. Harga Rp451 juta makin menarik karena sudah termasuk biaya PPN, BPHTB, AJB, BN, dan biaya proses KPR. Pemasaran unit Harmoni Park Citayam didukung beberapa bank nasional dalam penyaluran kredit pemilikan rumah (KPR), di antaranya Bank Tabungan Negara (BTN), Bank Mandiri, dan Bank Syariah Indonesia (BSI).

Baca juga: Banggar DPR dan Pemerintah Sepakati Postur Makro Fiskal 2023

Area Consumer Financing Manager Bank Syariah Indonesia (BSI) Dani Rahman mengatakan, pihaknya sudah menandatangani perjanjian kerja sama (PKS) dengan PT Prima Bangun Propertindo dalam memasarkan rumah Harmoni Park Citayam. Hal ini menguntungkan semua pihak terutama konsumen. 

Biasanya, kata Dani, jika sudah PKS berarti bank (BSI) sudah yakin secara legalitas dan jejak rekam pengembangnya. Proyek ini sudah aman, sehingga konsumen pun akan merasa nyaman. Selain itu, dengan PKS, konsumen mendapatkan rate suku bunga KPR khusus. Saat ini BSI memberikan promo suku bunga KPR 1,11% untuk satu tahun pertama, 3,33% tiga tahun pertama, dan 5,55% lima tahun pertama. (RO/OL-14)

BERITA TERKAIT