20 June 2022, 20:45 WIB

Antisipasi Krisis Pangan, Produksi Berbagai Jenis Tanaman Pangan Perlu Diseriusi


Despia Nurhidayat | Ekonomi

Antara/Dehmas Reviyanto
 Antara/Dehmas Reviyanto
Urban farming, salah satu cara untuk mendorong ketahanan pangan

GURU Besar IPB University Hermanto Siregar mengatakan, untuk menyikapi kemungkinan terjadinya krisis pangan, Indonesia perlu serius meningkatkan produksi berbagai jenis tanaman pangan.

"Potensi Indonesia sebenarnya cukup besar untuk meningkatkan produksi. Hal yang utama dan perlu dilakukan untuk meningkatkan produksi komoditas pangan ialah peningkatan produktivitas," ungkapnya kepada Media Indonesia, Senin (20/6).

Lebih lanjut, Hermanto menambahkan, pemerintah juga perlu menanami lahan menganggur atau bera dengan tanaman pangan yang sesuai, baik itu lahan yang dimiliki oleh masyarakat maupun oleh BUMN.

"Bahkan di perkotaan pun lahan yang bera, walau tidak terlalu luas, perlu ditanami dengan tanaman pangan, yakni dengan menggalakkan urban farming. Termasuk dalam hal ini ialah pemanfaatan lahan pekarangan untuk budidaya tanaman pangan atau komoditas lain yang sesuai," tegas Hermanto.

Baca juga : Kementan : Keberhasilan Vaksinasi PMK Butuh Partisipasi Aktif Peternak

Dia menekankan, pemerintah perlu memanfaatkan potensi yang tersedia sebaik-baiknya, sehingga produksi dan ketersediaan komoditas atau produk pangan meningkat secara signifikan.

Hermanto pun menilai ancaman krisis pangan bukanlah hal yang dibesar-besarkan, terutama negara terancam ialah negara net-impor pangan atau negara yang nilai impor pangannya lebih besar dari nilai ekspor pangan. 

Ironinya, menurut dia Indonesia pun termasuk net importir untuk komoditas dan produk pangan. (OL-7)

BERITA TERKAIT