15 June 2022, 22:39 WIB

Zulhas Dilantik Jadi Mendag, Gempar Harap Ada Peningkatan Ekspor 


Mediaindonesia.com | Ekonomi

Dok. Pribadi
 Dok. Pribadi
 Ketua Bidang Perdagangan dan Perindustrian DPP Gempar Indonesia, Maudy C Palar

KETUA Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan atau Zulhas dilantik menjadi Menteri Perdagangan menggantikan Muhammad Lutfi. Ketua Bidang Perdagangan dan Perindustrian DPP Gempar Indonesia, Maudy C Palar berharap Zulhas mampu membawa kemajuan, terutama di bidang ekspor.

Ia mengatakan ekspor, bagian penting dalam meningkatkan pendapatan negara. Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh Mendag, yakni membuat pelatihan untuk para pengusaha muda.

"Saya berharap Menteri yang baru bisa meningkatkan pendapatan negara melalui ekspor dengan cara pemberdayaan serta pelatihan bagi generasi-generasi muda Indonesia," kata Maudy kepada wartawan, Rabu (15/6).

Perempuan yang juga menjabat sebagai CEO Klik Panen itu mengatakan, Indonesia memiliki peluang besar dalam peningkatan ekspor. Gelaran Prssidensi G20 juga bisa menjadi langkah maju bagi pemerintah meningkatkan ekspor.

"Kita bisa melihat peluang Indonesia ke depan khususnya di bidang ekspor sangat bagus, apalagi tahun 2022 Indonesia menjadi Presidensi G20 ini menjadi momentum kita mengangkat ekonomi kita melalui ekspor," imbuhnya.

Lebih lanjut, Maudy berharap Kemendag bisa menjadi katalisator bagi pengusaha muda. Sehingga, usaha yang dijalankan bisa menembus pasar internasional.

Baca juga : Bank Indonesia Dorong Penggunaan Local Currency Settlement yang Lebih Luas

"Dalam hal ini pengusaha yang akan memulai bisnisnya di dunia ekspor dengan cara dipermudah regulasi, permodalan serta tahapan-tahapan yang membuat para pemula menjadi mandiri kedepannya khususnya para pelaku pelaku UMKM," ucapnya.

"Sehingga mereka dalam hal ini pelaku UMKM bisa Go International sehingga hal tersebut dapat meningkatkan devisa negara dan menjadi apa yang di cita-citakan oleh presiden Jokowi," tandasnya.

Diketahui, Presiden Joko Widodo resmi melantik dua menteri dan tiga wakil menteri hasil reshuffle Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/6). Reshuffle kabinet ini merupakan yang ketiga kali pada masa pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin.

Dua orang yang dilantik jadi menteri adalah Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Muhammad Lutfi.

Sementara itu, mantan Panglima TNI Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto dilantik sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menggantikan Sofyan Djalil. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT