15 June 2022, 20:38 WIB

Sequoia Southeast Asia Kucurkan US$850 juta untuk Startup


Indrastuti | Ekonomi

MI/ANGGORO
 MI/ANGGORO
Ilustrasi. Saat ini, startup eFishery melayani lebih dari 30 ribu pembudidaya ikan dan udang di 100 ribu tambak.

SEQUOIA Southeast Asia menggelontorkan dana US$850 juta untuk bermitra dengan generasi founder startup di kawasan Asia Tenggara. Dana tersebut merupakan bagian dari misi untuk membangun perusahaan yang tangguh dari kawasan ini.

Ekosistem teknologi baru menunjukkan banyak tanda awal pertumbuhan perusahaan-perusahaan dalam portofolio Sequoia berkembang di Asia Tenggara, seperti halnya di India dan Tiongkok.

“Lebih dari sepuluh tahun terakhir, perusahaan telah berinvestasi di beberapa putaran awal dari beberapa startup paling penting di Indonesia, termasuk Gojek, Tokopedia, Kopi Kenangan, Bibit, Lummo, dan banyak lagi," kata  Abheek Anand, Managing Director, Sequoia Southeast Asia.

Baca juga: Jaringan Backbone Sumatera, Jawa, Bali Diperkuat

"Seiring dengan pertumbuhan ekonomi digital negara, kita akan melihat ledakan jumlah pendiri yang membangun generasi perusahaan legendaris berikutnya. Kami berharap dapat bermitra dengan mereka langsung dari tahap ide hingga IPO dan seterusnya, dan membawa pengalaman investasi global dan pembangunan perusahaan selama lima dekade untuk membantu berkontribusi bagi masa depan ekonomi digital Indonesia," lanjutnya.

Dengan pendanaan baru ini, Sequoia Southeast Asia akan terus berinvestasi pada perusahaan di berbagai tahapan dari awal, Seri A sampai dengan tahap pertumbuhan di kawasan ini, dengan Indonesia menjadi salah satu prioritas. Perusahaan ini akan terus membawa tim spesialis portfolio besarnya untuk bermitra dengan para founder di saat-saat paling penting mereka dan terus mendukung perusahaan tahap awal dan para founder perempuan dengan program seperti Surge dan Spark. 

Sequoia Southeast Asia akan menggandakan inisiatif untuk berkolaborasi di seluruh ekosistemnya - dengan founder, pemerintah, rekan investor, dan mitra - untuk membantu kawasan Asia Tenggara menjadi lebih besar, lebih sehat, dan lebih berkelanjutan daripada sebelumnya.

Tahun ini menandakan hari jadi Sequoia Capital ke 50 dan tahun kesepuluh keberadaannya di Asia Tenggara. Sequoia Southeast Asia sangat antusias dengan apa yang akan terjadi pada dekade berikutnya dan seterusnya, dan berharap dapat bermitra dengan lebih banyak founder yang berani di masa kini, untuk berkembang di pasar terbesar di masa depan.(H-3)

BERITA TERKAIT