15 June 2022, 18:00 WIB

Jaringan Backbone Sumatera, Jawa, Bali Diperkuat


Gana Buana | Ekonomi

DOK IST
 DOK IST
Meet and Greet  PT Parsaoran Global Datatrans (HSP).

PENYEDIA Network Access Provider, PT Parsaoran Global Datatrans (HSP), memperkuat jaringan backbone fiber optik di Jawa dan Bali. Selain itu, HSP juga mulai bekerjasama dengan PT Jejaring Mitra Persada untuk pembangunan Backobe Fiber Optik Core Jakarta-Singapore Submarine Cable System (RISING-8) yang akan dibangun pada 2023. 

Direktur Utama PT Parsaoran Global Datatrans Antonius Simanjuntak menyampaikan, sesuai target pihaknya terus memperkuat jaringan infrastruktur ke seluruh negeri. Jaringan UJB dan SDCS yang sedang dikembangka hingga 2 terabyte itu siap melayani kebutuhan internet berbasis fiber optik di lebih dari 61 kota di pulau Jawa, khususnya di daerah-daerah yang minim akan infrastruktur telekomunikasi.

"Hal ini juga merupakan salah satu bentuk dukungan HSP terhadap pemerintah dalam upaya pemerataan infrastruktur telekomunikasi di Tanah Air," ujar Antonius di Jakarta, Rabu (15/6).

Menurut dia, banyak operator telekomunikasi memilih berinvestasi di kota-kota besar di Jawa. Untuk itu pihaknya mengembangkan jaringan backbone di kota atau daerah yang belum banyak operator hadir.

Baca juga: Kehadiran Teknologi Internet Munculkan Kematian Hak Cipta

Pihaknya menghadirkan layanan mulai dari Internet Access, Connectivity, Solution dan Data Center berskala internasional. HSP hadir sebagai solusi bagi para pelaku bisnis di berbagai segmen industri baik korporasi berskala kecil, menengah hingga besar.

"Dalam waktu dekat kami juga akan mengembangkan jaringan backbone fiber optik ke pulau-pulau lainnya di Indonesia," ujarnya.

Antonius Simanjuntak menambahkan, perkuatan infrastruktur jaringan backbone yang dilakukan HSP diharapkan dapat membantu percepatan pembangunan infrastruktur telekomunikasi serta penetrasinya pulau-pulau Jawa serta pulau lainnya.

Ia meyakini pihaknya dapat menjadi salah satu Network Access Provider yang mumpuni untuk mendukung kebutuhan akses internet berkecepatan tinggi di seluruh daerah di Indonesia. (R-3)

BERITA TERKAIT