09 June 2022, 12:30 WIB

Pertamina Trans Kontinental Raih Peringkat Hijau 


Mediaindonesia.com | Ekonomi

Dok.ist
 Dok.ist
Penyerahan Proper Hijau pada PSTB, unit bisnis PTK

Peteka Shorebase Tanjung Batu (PSTB) berhasil meraih Proper Hijau.  PSTB merupakan salah satu unit bisnis utama dari Pertamina Trans Kontinental (PTK) yang beroperasi di wilayah Balikpapan.  PTK sendiri merupakan PT Pertamina anak usaha PT Pertamina International Shipping (PIS).

Penghargaan ini membuktikan meningkatnya komitmen Perwira PSTB dalam pengelolaan lingkungan di Balikpapan, yang di tahun sebelumnya mendapatkan Proper Biru.

Program Penilaian Peringkat Kinerja Lingkungan Kegiatan (PROPERDA) diselenggarakan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur pada 6 Juni 2022 untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Penghargaan kepada PTK ini diberikan langsung oleh Gubernur Kalimantan Timur, H. Isran Noor di Hotel Grand Mercure, Samarinda kepada General Manager PSTB M. Akbar Thaib.

Proper merupakan kegiatan bersinergi dengan instrumen penataan lingkungan yang bertujuan meningkatkan peran perusahaan dalam melakukan pengelolaan lingkungan. Raihan Proper Hijau oleh PSTB ini menandakan perusahaan telah melakukan pengelolaan lingkungan lebih dari peraturan perundangan yang berlaku, baik dalam sistem manajemen lingkungan, efisiensi energi, penurunan emisi, penerapan prinsip 3R (reduce, reuse, recycle) limbah padat maupun B3, hingga kontribusi pada perlindungan keanekaragaman hayati.

General Manager PSTB M. Akbar Thaib menyampaikan bahwa Proper Hijau ini adalah bukti semangat continuous improvement yang selalu dilakukan oleh Perwira PSTB dalam menjalankan sistem manajemen HSSE, terutama dalam aspek Lindungan Lingkungan. 

“Hal ini juga menunjukkan komitmen kuat dari tim manajemen PSTB untuk selalu mematuhi regulasi K3L dalam menjalankan aktivitas shorebase service.  Dengan diraihnya proper hijau ini juga menunjukkan komitmen PTK khususnya PSTB untuk selalu comply terhadap lingkungan yang sekaligus mendukung kebijakan dan komitmen Pemerintah daerah dan stakeholders lainnya” ujarnya. 

Direktur Pemasaran PTK Imam Bustomi turut mendukung pencapaian PSTB dengan harapan PSTB akan tetap berusaha meningkatkan pencapaian PROPERDA ke depannya. “Menjadi PROPER Emas serta mengikuti Proper tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan”. Dengan diraihnya proper hijau ini juga menunjukkan komitmen PTK khususnya PSTB terhadap compliance terhadap lingkungan yang sekaligus mendukung kebijakan dan komitmen pemerintah daerah dan stakeholders lainnya

“Ikut sertanya PSTB dalam program ini menunjukkan bahwa PTK berkomitmen kuat dalam aspek HSSE dalam mencegah pencemaran lingkungan serta kecelakaan kerja sehingga dapat meningkatkan kepercayaan para klien, yakni pengguna jasa Shorebase Tanjung Batu pada khususnya dan pengguna jasa PTK pada umumnya” ujar Direktur Utama PTK, Nepos MT Pakpahan. (RO/E-1)

BERITA TERKAIT