09 June 2022, 11:01 WIB

Indeks Keyakinan Konsumen pada Mei 2022 Naik ke Level 128,9


M. Ilham Ramadhan Avisena | Ekonomi

DOK. SENAYAN CITY
 DOK. SENAYAN CITY
Ilustrasi

Survei Konsumen Mei 2022 mengindikasikan optimisme terhadap kondisi ekonomi terus menguat. Hal ini terindikasi dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Mei 2022 sebesar 128,9, lebih tinggi dari 113,1 pada bulan sebelumnya.

Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia Erwin Haryono mengungkapkan, peningkatan IKK terpantau pada seluruh kategori pengeluaran, usia, dan tingkat pendidikan responden.

"Secara spasial, peningkatan IKK terjadi di hampir seluruh kota cakupan survei, dengan yang tertinggi di kota Bandung, diikuti kota Pangkal Pinang dan Mataram," ujarnya melalui siaran pers, Kamis (9/6).

Keyakiinan konsumen pada Mei 2022 yang menguat didorong oleh meningkatnya persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini.

Peningkatan tersebut terjadi pada persepsi terhadap penghasilan saat ini, ketersediaan lapangan kerja, dan pembelian barang tahan lama (durable goods).

Penguatan keyakinan konsumen pada Mei 2022 juga didorong oleh meningkatnya ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan, terutama ekspektasi terhadap kondisi usaha ke depan.

Diketahui, IKK merupakan rata-rata sederhana dari Indeks Kondisi Ekonomi saat ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK). IKE mencakup keyakinan konsumen mengenai penghasilan saat ini, ketepatan waktu untuk melakukan pembelian barang tahan lama dan ketersediaan lapangan kerja, dengan membandingkan antara kondisi saat ini dan 6 bulan yang lalu.

Pada Mei 2022, posisi IKE berada di level 116,4, naik dari bulan sebelumnya yang tercatat 98,9 dan posisi IEK tercatat 141,5, naik dari bulan sebelumnya 127,2. (OL-12)

BERITA TERKAIT