08 June 2022, 14:52 WIB

Jokowi: Mobil Listrik Genesis Hyundai Resmi Digunakan di G20 Bali


Insi Nantika Jelita | Ekonomi

ANTARA
 ANTARA
Ilustrasi - Genesis G70 Shooting Brake

PRESIDEN RI Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara Iriana Jokowi menjajal mobil Genesis milik pabrikan Hyundai di Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB), Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Rabu (8/6). 

Mobil listrik itu dipastikan menjadi kendaraan yang digunakan untuk membawa delegasi dalam perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada tahun ini.

Baca juga: Presiden akan Tinjau Industri Baterai Listrik Terintegrasi di Batang

"Mobil listrik Hyundai jenis Genesis G80 akan menjadi Mobil resmi KTT G20 di Bali pada November nanti," tulisnya dalam akun Instagram @jokowi. 

Kepala Negara pun memuji mobil listrik saat dijajal di kawasan KITB, tempar dibangunnya industri baterai milik LG Energy Solution.

"Menuju Kawasan Industri Terpadu Batang dengan mengendarai mobil listrik Genesis dari Hyundai. Suarannya nyaris tidak ada," ungkap Jokowi.

Dalam keterangan pers, Jokowi menyampaikan bahwa investasi besar ini merupakan investasi pertama di dunia yang mengintegrasikan produksi kendaraan listrik dari hulu sampai hilir.

Dimulai dengan penambangan nikel, smelter, pabrik prekursor, pabrik katoda, kemudian baterai listrik, battery pack, hingga mobil listrik. Ditambah lagi dengan industri daur ulang baterai. 

"Dari hulu sampai hilir, end to end semuanya kerjakan dalam investasi ini. Total investasi ini juga bukan jumlah yang sedikit Rp142 triliun. Kalau didolarkan US$9,8 miliar," jelasnya.

Sebelumnya, Direktur Utama (Dirut) PLN Darmawan Prasodjo mengungkapkan, ada ratusan mobil listrik yang disiapkan untuk dipakai para delegasi negara pada G20 di Bali. 

PLN berupaya menambah pengoperasian Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) Fast Charging sebanyak 21 unit di 15 shelter di lokasi-lokasi strategis milik PLN.

"Dari informasi yang kami terima, akan ada 500 mobil listrik yang akan digunakan oleh para delegasi KTT G20," kata Darmawan beberapa waktu lalu. (OL-6)

BERITA TERKAIT