07 June 2022, 13:46 WIB

Kementerian BUMN Akan Merger PPD dengan Damri


Despian Nurhidayat | Ekonomi

ANTARA FOTO/Fauzan
 ANTARA FOTO/Fauzan
Perum Damri meluncurkan bus listrik untuk angkutan penumpang rute bandara

WAKIL Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo mengatakan bahwa pihaknya tengah mengkaji untuk melakukan beberapa merger perusahaan BUMN. Setidaknya ada dua perusahaan BUMN yang kabarnya akan mengalami merger.

Pertama ialah Perum PPD (Pengangkutan Penumpang Djakarta) yang akan dimerger bersama dengan Perum Damri. "Merger Damri dengan PPD ini karena fungsinya sama dan dua-duanya terdampak covid-19, maka akan lebih baik kita gabungkan supaya bisa menjangkau jaringan lebih lebar," ungkapnya dalam Rapat Kerja (Raker) bersama Komisi VI DPR RI, Selasa (7/6).

Lebih lanjut, perusahaan BUMN kedua yang akan digabungkan ialah PFN (Produksi Film Negara). Rencananya, PFN akan diambil alih oleh PT Telkom Indonesia dan saat ini masih dikaji terkait langkah yang akan dilakukan selanjutnya.

Baca juga: BUMN Bakal Kembali Diguyur Modal Rp50 Triliun

"Ada rencana Telkom ambil alih PFN. Sedang kita kaji dan kita lihat ekosistemnya," tegas Tiko.

Menurutnya, PFN akan kesulitan untuk berdiri sendiri khusunya dalam hal perfilman. Maka dari itu, Kementerian BUMN berencana untuk memberdayakan PFN di dalam ekosistem Telkom.

"Perfilman PFN untuk berdiri sendiri sangat sulit dan akan kami gabungkan ke Telkom untuk produksi film yang nantinya akan ditayangkan di platform Telkom melalui Maxstream dan Indihome," pungkasnya. (OL-4)

BERITA TERKAIT