06 June 2022, 17:05 WIB

Raih Banyak Penghargaan, Mendes PDTT Intruksikan Jajarannya Kerja Cerdas dan Jaga Performa


mediaindonesia.com | Ekonomi

DOK KEMENDES
 DOK KEMENDES
  

KEMENTERIAN Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) selalu menjunjung tinggi prinsip-prinsip keterbukaan informasi, standar pelayanan publik serta kepatuhan akan prosedur aturan dalam pelaksanaan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa. Hasilnya, Kementerian Desa, PDTT berhasil meraih penghargaan dari 4 (empat) Lembaga Tinggi Negara, yaitu Ombudsman Republik Indonesia, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Komisi Informasi Pusat (KIP) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

"Ini menjadi bagian penting persembahan Kemendes PDTTT kepada bangsa dan negara. Saya atas nama Menteri mengapresiasi kerja cerdas, efektif dan maksimal dari jajaran Kemendes PDTT. Ini juga wujud persembahan dari Kementerian Desa kepada bangsa dan negara," kata Abdul Halim Iskandar saat menjadi Pembina Apel Gabungan di Lapangan Parkir pada Senin (6/6/2022) pagi.

Dalam sambutannya, Gus Halim --sapaan akrab Abdul Halim Iskandar-- menegaskan penghargaan tersebut tidak lepas dari kerja keras seluruh pegawai kementerian. Untuk itu, Gus Halim menghimbau jajarannya untuk terus bekerja dengan cerdas, cepat dan selalu menjaga performa kerja. Prinsip kerja menurut Gus Halim, adalah kesatuan dari kerja cerdas, kerja efektif dan kerja maksimal. Menurutnya kerja keras, belum tentu maksimal, dan kerja keras juga belum tentu cerdas dan efektif.

"Hari ini, kita akan terus berupaya untuk kerja cerdas, kerja efektif dan maksimal sebagai persembahan terbaik kepada bangsa dan negara," kata Gus Halim.

Di akhir sambutaanya, Gus Halim juga menginstruksikan pegawai kementerian untuk berhemat dimulai dari level terkecil yaitu penggunaan listrik, AC dan Air di lingkungan kantor. Gus Halim juga meminta agar ada evaluasi sederhana dari gerakan penghematan ini, tercermin dari tagihan listrik dan tagihan PDAM.

"Jika tidak dibutuhkan, mari kita bersama berhemat. Jangan sampai ada air terbuang percuma, jangan sampai ada ruangan kosong tapi AC dan Lampu nyala," kata Mantan Ketua DPRD Jawa Timur.

Untuk diketahui, Kemendes PDTT Meraih penghargaan dari Ombudsman RI untuk Kepatuhan Tinggi Standar Pelayanan Publik, Penghargaan Mitra Utama Pelayanan Pengaduan pada aplikasi LAPOR dari Kementerian PANRB, penghargaan Kementerian Informatif dari Komisi Informasi Pusat, serta penghargaan terkait penilaian Norma Standar Prosedur dan Kriteria dari Badan Kepegawaian Nasional.

Selain Wamendes, turut hadir dalam Apel Kementerian, Sekjen Taufik Madjid, Pejabat Tinggi Madya dan Pratama serta seluruh pegawai di lingkungan Kemendes PDTT. (OL-10)

BERITA TERKAIT