06 June 2022, 16:17 WIB

PPI Dunia dan Kementerian BUMN Wujudkan UMKM Go Global di Turki


Mediaindonesia.com | Ekonomi

Ist.
 Ist.
PPI Dunia dan Kementerian BUMN Wujudkan UMKM Go Global di Turki

PERHIMPUNAN Pelajar Indonesia Dunia (PPID) Kabinet Cendekia Apik kembali membuat gebrakan sejarah baru dalam program kerjanya.

Kali ini mampu mewujudkan program UMKM Go Global berkolaborasi dengan Kementerian BUMN dan Konsulat Jenderal di Istanbul, Turki. Program yang dikemas dengan konsep Pasar Senggol khas Indonesia (Indonesian Traditional Market) ini melibatkan beberapa binaan UMKM Rumah BUMN dari BNI, BRI, Mandiri, PLN, Telkom Indonesia, dan Pertamina.

Baca juga:

Koordinator PPI Dunia Faruq Ibnul Haqi menyampaikan bahwa PPI Dunia bersama dengan PPI Turki mengemas kegiatan berkonsep festival yang memamerkan dan memasarkan produk, jasa serta memamerkan budaya Indonesia di Turki.

Program ini akan ada Business Matching dan kunjungan ke pelaku bisnis di Turki sehingga pelaku UMKM ini memiliki bayangan bagaimana produk-produknya ini bisa diterima disni, di Turki. Selain itu, Koordinator PPI Dunia dari Australia juga menyampaikan bahwa program ini memiliki target untuk produk-produk UMKM dari Rumah BUMN ini bisa mendapatkan Letter of Intent (LOI) dari local trader di Turki.

“PPI Dunia sebagai organisasi pelajar yang tersebar di 60 negara berkomitmen untuk mendukung dan menjembatani UMKM Indonesia bisa naik kelas dan go global di berbagai negara dalam jejaring PPI di seluruh dunia. Ini adalah salah satu upaya kolaborasi dalam mengakselerasi produk UMKM tembus ke pasar international” pungkas kandidat doktor dari University of South Australia.

Faruq juga menambahkan UMKM binaan dari Kementerian BUMN ini akan dipertemukan dengan MUSIAD Turki atau asosiasi pebisnis/pengusaha di Turki.

”ini adalah kesempatan untuk business networking session untuk saling mengeksplorasi peluang produk UMKM bisa masuk ke Turki”, ungkap koordinator PPI Dunia kesebelas yang turut serta juga berada di Istanbul untuk launching program UMKM Go Global.

Sementara itu, Arya Sinulingga Staf Khusus Menteri BUMN juga menyampaikan bahwa Kementerian BUMN selalu berkomitmen untuk memajukan bisnis UMKM Indonesia.

“Berbagai program terus kita lakukan, seperti Rumah BUMN yang menjadi tempat bagi UMKM untuk berkembang, lebih kreatif, go digital dan go global dengan pendampingan dari BUMN. Bukan hanya pendampingan, BUMN juga mendukung dari sisi pembiayaan bahkan hingga pemasaran seperti yang kita lakukan di Turki ini. BUMN berkomitmen membawa UMKM untuk bisa membuka market baru” kata Arya. 

Reynaldi Istanto juga merespon bahwa peran UMKM sangat penting dalam mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi rakyat. “Salah satu cara kami mendukung pertumbuhan ekonomi rakyat melalui UMKM adalah dengan memasukkan UMKM Indonesia ke dalam rantai nilai global. Dengan standar mutu produksi yang sudah kita bangun melalui pembinaan dari BUMN, UMKM Indonesia kami yakin bisa berkompetisi dengan produk negara lain,” ujar Tenaga Ahli Menteri BUMN Bidang Global Value Chains ini.

Fauzul Azhim Ketua PPI Turki juga menyampaikan terima kasih banyak kepada Kementerian BUMN beserta Rumah BUMN yang telah mendukung terealisasinya program UMKM Go Global. Ini adalah wujud sinergitas pentahelix dengan semua elemen baik itu pemerintahan, bisnis, akademik, komunitas dan media, pungkas Fauzul di Istanbul. (RO/OL-6)

BERITA TERKAIT