03 June 2022, 23:14 WIB

Pembangunan Konstruksi IKN Dimulai Tahun Depan


Indriyani Astuti | Ekonomi

Antara
 Antara
Kepala Badan Otorita IKN Bambang Susantono

KEPALA Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Bambang Susantono menyampaikan akan memulai beberapa persiapan pengerjaan di lokasi IKN Nusantara, pada 2022. 

Hal itu, terang Bambang, menyangkut pematangan lahan kemudian akses-akses penting seperti logistik dan beberapa jalur insfrastruktur. Ibu Kota Negara baru akan berlokasi di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

"Presiden memberikan arahan agar pelaksanaan dan perencanaan lebih dimatangkan khususnya multisektor. Semua kementerian yang tergabung dalam tim transisi sudah bekerja dan melakukan konsolidasi dan koordinasi di antara mereka," tutur Bambang seusai rapat terkait IKN yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (3/6).

Bambang berharap pada 2024, target pembangunan IKN dapat tercapai. Ia juga menyampaikan pengerjaan konstruksi dimulai 2023, dibutuhkan cukup banyak tenaga kerja. 

Adapun jumlahnya diperkirakan membutuhkan sekitar 150-200 ribu pekerja di lapangan. 

"Sebanyak itu karena waktunya sempit dan kita harus mencapai beberapa target tentunya jumlah pekerja dan material cukup banyak," tuturnya.

Dalam rapat tersebut, Presiden Jokowi, ujar Bambang, menekankan agar pengerjaan pembangunan IKN memerhatikan kondisi lingkungan hidup dan interaksi dengan masyarakat sekitar yang berada di lokasi IKN.

"Kami juga mengharapkan ada pola-pola dimana masyarakat bisa terlibat langsung dalam pembangunan ini, saya kira kami sedang matangkan oleh tim transisi," ucapnya.

Selain itu, hal lain yang menjadi perhatian presiden, ujar Bambang, yakni masalah lahan. IKN akan dibangun di tengah lahan hutan konversi, oleh karena itu, menurutnya semua proses akan dilakukan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Sehingga masalah yang berhubungan dengan green atau hijau, masalah-masalah yang berhubungan dengan _sustainability_ keberlanjutan dari hutan-hutan yang ada di sana, kita akan melakukan reforestasi atau penanaman kembali sehingga kejayaan hutan tropis akan terwujud," paparnya.

Otorita IKN, ujar Bambang, berharap konsep sustainable forest city untuk IKN Nusantara dapat terwujud dengan membangun ibu kota baru yang hijau,cerdas dan inklusif dan berkelanjutan. (OL-8)

BERITA TERKAIT