01 June 2022, 20:46 WIB

Raih Sertifikasi BCorp, RMU Jalankan Standar Praktik Bisnis Tinggi


Mediaindonesia.com | Ekonomi

DOK RMU
 DOK RMU
KMP merupakan kegiatan konservasi terbesar di dunia ditinjau dari segi penurunan emisi karbonnya.

PT Rimba Makmur Utama (RMU) mengantongi sertifikasi B Corp. RMU resmi menjadi salah satu dari 5.020 Certified B Corporation dari 154 industri di 80 negara yang dinilai membuat dampak positif bagi para pemangku kepentingannya dan masyarakat.

RMU ialah nature-based solution enterprise (perusahaan yang berkontribusi pada penurunan emisi karbon melalui solusi berbasis alam) yang mengelola Katingan Mentaya Project (KMP) sebagai pendekatan usaha restorasi dan konservasi ekosistem hutan gambut seluas 157 ribu hektare di Kalimantan Tengah melalui Perizinan Berusaha Pemanfaatan Hutan (PBPH). RMU bekerja sama dengan masyarakat serta unsur pemerintah desa di 35 desa sekitar wilayah konsesi demi menciptakan mata pencaharian alternatif berkelanjutan bagi masyarakat lokal, meningkatkan perekonomian, serta melakukan kegiatan edukasi dan peningkatan kapasitas di berbagai bidang, seperti cara bertani tanpa bakar dan tanpa bahan kimia, edukasi mengenai kesehatan dan kebersihan, nutrisi, kewirausahaan, serta berkontribusi bagi pencapaian 12 tujuan UN SDGs. 

Baca juga: Perdagangan Bebas Israel-UEA Diteken, Pertama dalam Dunia Arab

KMP merupakan kegiatan konservasi terbesar di dunia ditinjau dari segi penurunan emisi karbonnya, yakni sebesar 7,5 juta ton CO2 per tahun selama 60 tahun masa konsesi. Asal tahu saja, ini setara dengan menghilangkan emisi yang dikeluarkan oleh dua juta mobil per tahun.

"Kami bersyukur secara resmi memperoleh B Corp Certification yang mencerminkan komitmen perusahaan terhadap prinsip berkelanjutan, transparansi, dan bisnis bertanggung jawab. Sebagai Certified B Corporation, kami berkomitmen pada standar praktik bisnis tinggi, untuk terus menciptakan dan meningkatkan dampak positif bagi  masyarakat, lingkungan, klien, dan karyawan kami," tutur CEO RMU Dharsono Hartono dalam keterangan tertulis, Rabu (1/6).

Dharsono lebih lanjut menjelaskan bahwa sertifikasi B Corp sangat selektif. Tata kelola perusahaan, pengelolaan karyawan, klien, komunitas, dan lingkungan termasuk hal-hal yang diukur dalam proses penilaian. B Corp ialah salah satu sertifikasi internasional yang tidak hanya menilai produk atau layanan, melainkan perusahaan di balik produk atau layanan tersebut secara menyeluruh. "Kami akan terus meningkatkan, mengukur dan mendokumentasikan manfaat yang kami timbulkan bagi para pemangku kepentingan dan akan menjalani proses verifikasi setiap tiga tahun untuk mempertahankan sertifikasi ini," tutup Dharsono. (OL-14)

BERITA TERKAIT