01 June 2022, 18:20 WIB

Singapura Bidik Indonesia sebagai Pasar Bisnis Utama


Despian Nurhidayat | Ekonomi

AFP/Luis Robayo.
 AFP/Luis Robayo.
Gan Kim Yong.

PERBATASAN antara Indonesia dengan Singapura dibuka kembali pada awal tahun ini. Hal tersebut mendorong banyak pelaku bisnis dari Singapura untuk kembali berpergian ke Indonesia mencari peluang.

Untuk itu, Singapore Enterprise Centre (SEC)@Jakarta, yang merupakan bagian dari program GlobalConnect@Singapore Business Federation (SBF), mengadakan business networking pertamanya pada Selasa (31/5). Ajang ini merupakan bentuk diskusi informal dan networking antara berbagai bisnis internasional yang bertepatan dengan kunjungan Menteri Perdagangan dan Industri Singapura, Menteri Gan Kim Yong, ke Indonesia.

"Dengan membaiknya situasi pandemi covid-19, akhirnya kita dapat bertemu secara langsung setelah dua tahun. Indonesia ialah pasar utama bagi Singapura dan kami sedang mencari perusahaan Singapura untuk mengembangkan bisnis ke luar negeri," ujar Menteri Perdagangan dan Industri Singapura Gan Kim Yong dilansir dari keterangan resmi, Rabu (1/6).

Pasar domestik yang besar, komunitas bisnis yang dinamis, dan jumlah pebisnis yang terus meningkat menjadikan Indonesia sebagai target investasi yang menggiurkan bagi berbagai pelaku bisnis dari Singapura. Gan Kim Yong bertemu dengan Chairman SBF, Lim Ming Yan, dan Duta Besar Singapura di Indonesia, Anil Kumar Nayar, dalam sesi networking di Jakarta, bersamaan dengan 65 tamu lain yang merepresentasikan berbagai bisnis di Indonesia dan Singapura. 

Baca juga: Pertamina Sediakan Renewable Diesel untuk Charging Kendaraan Formula E

Menteri Gan Kim Yong juga melakukan diskusi tertutup dengan 12 wakil bisnis dari Singapura yang hendak melakukan bisnis atau berniat mengembangkan bisnis mereka di Indonesia. Pebisnis yang hadir berasal dari berbagai sektor, baik perusahaan kecil maupun perusahaan besar, yang memiliki ketertarikan untuk melihat peluang terbaru untuk memasuki pasar Indonesia.

Didirikan pada 1 Januari 2021, SEC@Jakarta melayani dan memberikan informasi terbaru kepada berbagai pelaku bisnis di Singapura untuk mendukung pertumbuhan bisnis mereka di Indonesia. Pada 2021, perdagangan bilateral antara Singapura dan Indonesia mencapai S$59,1 miliar atau 21% lebih tinggi daripada perdagangan di 2020. 

Nilai total investasi Singapura di Indonesia mencapai US$9,4 miliar (S$12,8 miliar) pada tahun yang sama. Inilah yang menjadikan Indonesia sebagai salah satu pasar vital bagi berbagai bisnis di Singapura yang ingin mengembangkan bisnis mereka ke luar negeri. (OL-14)

BERITA TERKAIT