31 May 2022, 20:34 WIB

BKI Pastikan Kapal Sesuai SOP Bisa Kurangi Kecelakaan Pelayaran Kapal


mediaindonesia.com | Ekonomi

Ist
 Ist
Direktur Utama PT BKI Rudiyanto ketika mendampingi Menko PMK Muhajir Effendi dan Menhub Budi Karya Sumadi pada akhir April lalu.

PT Biro Klasifikasi Indonesia atau BKI (Persero) sebagai BUMN jasa survei kemaritiman di akhir Mei 2022 bersyukur telah menjadi bagian penting dalam memastikan pelayaran di pelabuhan penyeberangan dalam masa-masa mudik Idul Fitri 2022 tanpa aral melintang.

“Dengan pemeriksaan kapal sesuai Standart Operating Procedure (SOP) yang berlaku, kami bisa mengurangi risiko terjadinya kecelakaan kapal serta hal-hal yang tidak diinginkan yang dapat merugikan semua pihak,” ujar Direktur Utama  PT BKI Rudiyanto dalam keterrangan pers, Selasa (31/5).

Arus mudik pada akhir April dan awal Mei 2022 lalu merupakan kejadian pertama setelah pelarangan selama dua tahun berturut-turut pada masa pandemi.

Banyak pihak meramalkan akan terjadi ketidakteraturan dan hal-hal yang tidak diinginkan dalam perjalanan mudik tersebut.

“Namun, syukurlah saat itu semua berjalan dengan aman dan lancar dalam bidang pelayaran,” tambah Rudiyanto.

Memastikan kualitas sudah menjadi keharusan bagi PT BKI bukan hanya di end user, tapi juga mulai dari proses di perbengkelan dan pabrikasi.

Baca juga: Angkutan Penyeberangan Puncaki Jumlah Pergerakan Pemudik Terbanyak

Hal tersebut tercermin ketika Direktur Pengembangan Sumber Daya PT BKI (Persero) Rozainbahri Noor menyampaikan apresiasi kepada salah-satu mitra terbaik PT BKI yaitu PT Adiluhung Saranasegara Indonesia (ASSI).

“Melalui profesionalisme dalam bidang jasa pembangunan dan perawatan kapal, PT ASSI telah memberikan pelayanan prima kepada pelaku industri pelayaran dan menjadi simbol bagi produk dan jasa teknik kelautan terbaik dari Indonesia,” kata Rozainbahri.

Penghargaan apresiasi tersebut diserahkan langsung dari Rozainbahri kepada Direktur Utama PT ASSI Nita Puji Utami pada akhir April lalu.

Dalam hal menjaga kualitas pun bukan hanya bertaraf nasional, PT BKI telah menggandeng perusahaan jasa survey global PT Bureau Veritas Indonesia dalam proses sertifikasi dekarbonisasi dan emisi karbon serta jasa penilaian/pemeriksaan decommissioning anjungan lepas pantai. 

“Sebagai BUMN kami berusaha memberikan yang terbaik untuk para klien kami dengan menjaga kualitas pekerjaan salah-satunya menjalin kerjasama dengan PT Bureau Veritas Indonesia sebagai lembaga independen,” ujar Rudiyanto.

Dengan kerja sama dengan BVI, Rudiyanto berharap akan ada pengakuan bertaraf internasional. “Ini akan menjadi kebanggaan juga untuk bangsa kita,” tukas Rudiyanto. (RO/OL-09)

BERITA TERKAIT