31 May 2022, 15:40 WIB

Perbankan Berusaha Beri Layanan Finansial Bagi Masyarakat Melek Digital


mediaindonesia.com | Ekonomi

Ist
 Ist
Konferensi pers Jenius dari Bank BTPN meluncurkan dua fitur terbaru yaitu Split Pay dan Cicilan Jenius Pay.

JENIUS dari Bank BTPN perkenalkan inovasi terbarunya dengan menghadirkan dua fitur terbaru yaitu Split Pay dan Cicilan Jenius Pay untuk membantu mengelola dan menjaga cash flow penggunanya tetap rapi.

Split Pay memudahkan pengguna merevisi transaksi debit yang sudah dilakukan menjadi cicilan.

Sementara Cicilan Jenius Pay memudahkan pengguna berbelanja di beragam e-commerce dengan menggunakan cicilan.

Hal ini merupakan wujud dari komitmen Jenius untuk terus menghadirkan layanan finansial yang lengkap dan relevan dengan kebutuhan masyarakat digital savvy di Indonesia.

Menurut Waasi B. Sumintardja, Digital Banking Business Product Head Bank BTPN terdapat kondisi dan situasi saat masyarakat digital savvy membutuhkan untuk melakukan transaksi dengan cicilan agar cash flow tetap terjaga dengan baik.

"Misalnya, ketika mereka salah melakukan perhitungan ketika membeli sesuatu atau adanya kebutuhan yang tiba-tiba datang dan belum diperhitungkan," kata Waasi dalam keterangan, Selasa (31/5).

Baca juga: BNI Perluas Bisnis Internasional, Tanda Tangani MoU dengan KB Kookmin Bank

Lebih lanjut Waasi menyampaikan bahwa pada Maret 2022, Jenius melaksanakan survei yang melibatkan 116 responden dengan rentang usia 21–40 tahun mengenai perilaku masyarakat digital savvy dalam melakukan cicilan.

Dari survei tersebut, ditemukan bahwa tiga alasan utama melakukan transaksi dengan cicilan adalah 38% untuk tetap mengelola cash flow dengan baik, 18% mengurangi beban pembayaran, dan 16% mudah dilakukan.

Lebih lanjut lagi, dua kebutuhan yang paling sering dibeli dengan cicilan adalah 47% barang elektronik atau gadget dan 10% perabot rumah tangga.

Dari hasil survei yang sama, 86% responden memilih metode cicilan ketika melakukan transaksi pada e-commerce dan 14% pada offline store/merchant.

“Melihat hasil survei tersebut, Jenius ingin hadir sebagai layanan finansial yang lengkap dan terintegrasi," katanya.

Setelah beragam fitur revolusioner yang sudah Jenius miliki mulai dari menghadirkan kemudahan dalam bertransaksi, menabung, dan berinvestasi.

"Kami juga menjadi semakin lengkap dengan memperkenalkan Split Pay dan Cicilan Jenius Pay yang terhubung dengan Flexi Cash sebagai pilihan metode dan sumber dana pembayaran yang dapat dipilih oleh nasabah sesuai preferensi dan keadaan,” jelas Waasi.

Split Pay adalah fitur terbaru Jenius yang membantu pengguna mengubah transaksi menjadi cicilan.

"Dengan Split Pay, pengguna akan memiliki ketenangan pikiran karena transaksi bisa lebih terkelola. Pengguna juga punya kebebasan untuk meringankan transaksi yang disesalkan dengan mengubahnya menjadi cicilan," katanya.

“Terkadang kita gegabah mengambil keputusan dan bertransaksi tanpa perhitungan matang," jelas Waasi 

"Di lain waktu kita menyesal telah mengeluarkan sejumlah uang untuk membeli sebuah barang dan berharap bisa merevisi transaksi yang telah terjadi sehingga cash flow berantakan karena keliru melakukan perhitungan." katanya.

"Fitur Split Pay ini hadir sebagai solusi dari pain points ini sehingga pengguna dapat mengubah transaksi yang telah terjadi menjadi cicilan dan cash flow dapat tetap terjaga,” imbuh Waasi. (RO/OL-09)

 

BERITA TERKAIT