24 May 2022, 17:40 WIB

Dorong Penguatan Bisnis UMKM, LPP RRI Gelar Temu Kelompencapir


Mediaindonesia.com | Ekonomi

Dok.RRI
 Dok.RRI
Ilustrasi

LEMBAGA Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) berencana menyelenggarakan Dialog 'Beranda Nusantara' dengan konsep Temu Kelompencapir atau Kelompok Pendengar, Pembaca, dan Pemirsa pada Rabu (25/5).

Acara tersebut menghadirkan dua orang Menteri, sebagai pembicara dialog bertema 'Usaha Maju, Kita Mendunia'. Puluhan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaan juga dipertemukan melalui virtual oleh para narasumber.

Baca juga: UMKM Didorong Pemerintah Membuat Izin Usaha Lewat Kanal Digital

“Perlu disampaikan bahwa RRI mempunyai tugas membuat siaran-siaran yang bisa menginspirasi dan memberdayakan masyarakat. Secara khusus siaran RRI diharapkan mampu mendukung pelaksanaan pembangunan nasional, maupun pembangunan daerah,” kata Direktur Utama LPP RRI Hendrasmo dalam keterangan di Jakarta, Selasa (24/5).

Dua menteri yang dijadwalkan hadir adalah Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, serta Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki.   Selain itu, dijadwalkan hadir pula Aria Bima selaku Wakil Ketua Komisi VII DPR RI dan Nining I Soesilo dari UKM Center Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI).

Acara 'Beranda Nusantara' ini akan disiarkan secara langsung, pada pukul 10.00 WIB hingga 11.30 WIB dari Auditorium Jusuf Ronodipuro, Gedung RRI, Gambir, Jakarta Pusat. Dialog ini pun akan disiarkan secara lansung oleh Pro3 RRI, Pro1 RRI seluruh Indonesia, RRI Net Radio Visual, YouTube RRINet Official. 

“Maka dalam hal ini, terkait dengan acara Beranda Nasional besok, siaran RRI diharapkan bisa mendorong penguatan bisnis UMKM, yang menjadi pilar ekonomi nasional,” terang Hendrasmo.

Selain keempat pembicara tersebut, lanjut dia, dijadwalkan hadir pula para Kepala Daerah sebagai pembicara.  Di antaranya Wali Kota Makassar, Sulawesi Selatan Moh Ramdhan Pomanto, Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono, Bupati Bantul  Abdul Halim Muslih, Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar.

Adapun daftar nama UMKM Binaan yang mengikuti acara zoom meeting yakni Yoshua (sabun cuci piring Monlight), Netty Anugrahwati (sirup D'limao), Kurniati (kain tenun Sambas), dan Yogie Geroda Chandra (miniatur kapal blue pirnt).

Selain itu, ada pula Siti Sugiarti (Opak Atik), Siti Sundari (Opak Sejahtera), Emy Hamdani (kerajinan tempurung), Hendri Yanti (pokok telok dan hantaran pengantin), serta Syf Fatmah (kecap tulang ikan tenggiri dan sotong pangkong).

Maupun Betty Mantiko (rumah produksi baju adat tradisional dan modern), Mulyadi (kerajinan tebana dan drum band), Yusdalina (minyak cap Badak serbaguna), Yusmailia (Cabe Mels), Rossa (stik keladi Serawak), Yuni Gagari, dan Intan Muharni.

Para UMKM Binaan tersebut bakal mendampingi Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono. Sementara, Bupati Aceh Tengah Shabeela Abubakar juga akan didampingi oleh beberapa pelaku UMKM, di antaranya Bintang Bako Gayo (Tembakau), Gayo Mountain Ciragete (Tembakau), dan Muger Sigaret Kretek (Tembakau).

Ada pula Nikite Tembakau (Tembakau), Meukat Kupi Gayo (Biji Kopi Arabika), ASA Coffee (Roasted Coffee), Duma Kopi Gayo (Bubuk Kopi Arabika), Tootor Coffee (Bubuk Kopi Arabika), serta Hawadingin Coffee (Bubuk Kopi Arabika).

Tidak ketinggalan Gunung Ujen Coffee (Bubuk Kopi Arabika), Tiara Global Coffee (Biji/Bubuk Kopi Arabika), Charisma Charita (Kopi Fermentasi, Teh Kopi), Syalia Pie Coffee (Kuliner Kopi), Ida Kerawang (Kerawang Gayo), dan Ani Kerawang (Kerawang Gayo).

Tidak hanya itu, ada Sara Rasa (Depik Tangkap), Kerupuk Depik (Kerupuk Depik), Keripik Masam Jing (Keripik), Coklat Carakter (Coklat), maupun Saka Palm Sugar (Gula Aren).

Sedangkan pelaku UMKM yang bakal mendampingi Wali Kota Makassar, Sulawesi Selatan Moh Ramdhan Pomanto dalam dialog tersebut antara lain Chaerani Gobel dari Yeni’s Handcraft, Marry M dari Melodi Rajut, Hasnatiah dari Usaha 310.

Berikutnya Ruby Catharina dari Wiby Cake N’ Coockies, Fitri Meisye dari Filda, Lies Hernawati Supardi dari Anugrah Puspita, Eva Sriyani dari RKE (UKM Torlitaq), dan Fatmawati dari Labaga Craft. (RO/A-1)

BERITA TERKAIT