19 May 2022, 21:40 WIB

Inovasi Desain Interior Beri Kesan Mendalam Pada Suatu Bangunan


Mediaindonesia.com | Ekonomi

Dok. Pribadi
 Dok. Pribadi
Webinar mengenai desian interior

KEMAJUAN teknologi dan desain membawa perubahan signifikan pada desain interior bangunan yang begitu cepat berubah, melengkapi tampilan sebuah gedung secara utuh pada eksterior dan interiornya.

Ketua Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) DKI Jakarta Rina Renville mengatakan, peran desainer interior mereka telah mewarnai bangunan gedung-gedung terkenal di Indonesia maupun di mancanegara. 

"Tapi karena banyak fasilitas umum yang infomasinya terbatas, membuat seakan profesi Desain Interior belum banyak berkiprah dan dikenal di dunia jasa konstruksi, baik orang maupun karyanya," katanya dalam webinar Inovasi Interior Publik yang digelar Kenari Djaja bersama Majalah Asrinesia dan HDII DKI Jakarta, Kamis (19/5).

Direktur PT Ari Desindo Intiwidya Dina Hartadi mengungkapkan  pengalaman profesinya dalam mendesain interior beberapa Rumah Sakit ternama di Indonesia.

Inovasi desain interior sebuah Rumah Sakit harus memperhatikan kepentingan nyawa seseorang, tidak bisa dibuat sembarangan terkait penggunanya yang terdiri dari pasien, paramedis, dan tamu yang datang berobat," kata Dina. 

Dengan keterlibatan para ahli desain interior, kini banyak gedung publik yang suasananya lebih nyaman dan menjadi pilihan masyarakat.

Desainer Interior PT Tata Wastu Asia Ariya Sradha mengatakan, dengan keterlibatan para ahli desain interior, kini banyak gedung publik yang suasananya lebih nyaman dan menjadi pilihan masyarakat. 

Baca juga : Mendes PDTT: Kolaborasi Kunci Model Transmigrasi Transpolitan

Ariya yang banyak terlibat dalam desain interior hotel mengungkapkan banyak pengalaman dalam membuat desain interior Hotel yang lengkap dengan berbagai fungsi terkait yang dibuat berbeda dengan inovasi  terbaru. 

"Pada bangunan Hotel di daerah dengan ragam budaya lokalnya yang kuat dan khas, selalu memiliki keunggulan interior yang ditampilkan dalam tema desain masa depan," ujarnya.

Presiden Direktur PT Grha Matra Desain Indonesia Aris Nugroho mengatakan, desain interior. Contohnya saja dalam karya Aris yang merancang sejumlah interior bandara.

"Bandara yang merupakan pintu gerbang Indonesia menghadapi tamu dan turis mancanegara, memiliki desain yang ekspresif tentang ke-Indonesiaannya dalam melengkapi kebutuhan orang asing dengan mudah, nyaman, menyenangkan dan berkesan," ujarnya. 

Direktur PT Kenari Djaja Prima Hendry Sjarifudin mengatakan, melalui seminar virtual berjudul Inovasi Interior Publik diharapkan masyarakat dapat menyaksikan peran penting desainer interior Indonesia dalam menciptakan karyanya terutama yang dibuat pada bangunan non rumah tinggal dengan hasil yang sangat memukau.

"Ternyata harus cukup pengetahuan untuk mengisi sebuah bangunan publik dari ruangan ke ruangan lainnya hingga diperoleh karya desain interior secara menyeluruh sesuai dengan fungsinya," ucapnya. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT