18 May 2022, 19:47 WIB

Bertemu CEO Boeing, Menhub Bahas Kerja Sama Suplai Pesawat


Andhika Prasetyo | Ekonomi

Antara
 Antara
Menteri Perhubungan Budi Karya saat memberikan keterangan pers di Pelabuhan Merak.

MENTERI Perhubungan Budi Karya Sumadi mengadakan pertemuan dengan CEO Boeing Michael Arthur di sela Changi Aviation Summit di Singapura.

Dalam kesempatan tersebut, kedua belah pihak membahas peluang kerja sama yang bisa dimaksimalkan di masa mendatang.

Budi mengakui bahwa pertemuan dengan perusahaan produsen perusahaan pesawat terbang asal Amerika Serikat (AS) sangat penting. Khususnya, untuk membantu mendorong industri penerbangan di Tanah Air.

Baca juga: Boeing Kembali Uji Coba Penerbangan Antariksa

Pihaknya pun memaparkan berbagai informasi tentang perkembangan sektor aviasi di dalam negeri. Termasuk, kebijakan penghapusan kewajiban PCR bagi pelaku perjalanan.

"Kita memberikan informasi bahwa kita melakukan sesuatu upaya. Memberikan ruang bagi industri aviasi ini berkembang. Semua hal positif kita lakukan," ujar Budi di Singapura, Rabu (18/5).

Apabila situasi semakin kondusif, Indonesia akan membutuhkan lebih banyak pesawat demi menjangkau seluruh wilayah baik. Kementerian Perhubungan mencatat saat ini jumlah angkutan udara komersial yang beroperasi hanya 350 unit. 

Baca juga: Menhub: Penghapusan PCR akan Dongkrak Jumlah Wisatawan Asing

Budi menyebut angka tersebut jauh lebih rendah dibandingkan periode 2019, atau masa sebelum pandemi covid-19 yang mencapai 590 unit.

"Idealnya memang sekitar 500. Kita melihat pangsa pasar terus naik," imbuh Plt Dirjen Perhubungan Udara Novi Riyanto.

Boeing mengaku siap untuk terus menyuplai pesawat buatan mereka kepada perusahaan aviasi Indonesia. Dengan begitu, kebutuhan maskapai penerbangan dipastikan akan aman.(OL-11)

BERITA TERKAIT