17 May 2022, 22:02 WIB

Marketplace Mobil Bekas Moladin Raih Pendanaan Seri B US$ 95 Juta


Indrastuti | Ekonomi

ANTARA/Aditya Pradana Putra
 ANTARA/Aditya Pradana Putra
Seorang warga mengamati mobil-mobil bekas yang dipasarkan di Bursa Mobil Bekas Mal Blok M, Jakarta, Jumat (22/4/2022).

Moladin, marketplace mobil bekas omnichannel di Indonesia, mengumumkan telah memperoleh Pendanaan Seri B sebesar US$95 juta yang dipimpin oleh DST Global, perusahaan investasi Internet yang investasinya mencakup beberapa perusahaan paling bernilai dengan pertumbuhan tercepat di dunia. 

Awal tahun ini, Moladin telah mendapatkan US$42 juta yang dipimpin oleh Sequoia Capital India dan Northstar Group dalam salah satu putaran Seri A terbesar di Asia Tenggara. Investor utama yang telah bergabung di putaran sebelumnya seperti East Ventures, Northstar Group, dan Sequoia Capital India juga  berpartisipasi dalam putaran pendanaan terbaru ini.

Dengan pendanaan baru, Moladin akan terus mengembangkan ekosistem yang komprehensif untuk dealer, agen, dan pelanggan dan akan bekerja sama dengan mitra untuk memberikan layanan bernilai tambah. Moladin bertujuan untuk terus melanjutkan kesuksesannya untuk memperluas jaringan agen guna menjangkau lebih banyak pelanggan dan mengembangkan platform digitalnya untuk meningkatkan pengalaman pengguna. 

Baca juga: Bank Sampoerna Bukukan Laba Bersih Rp13 Miliar pada Triwulan I-2022

Selain itu, Moladin akan terus berinvestasi secara masif pada teknologi dan data sebagai pendukung utama untuk melakukan transaksi yang lebih cepat, mendapatkan efisiensi operasional terbaik di kelasnya, dan menciptakan pengalaman pelanggan yang mulus.

Sejak beralih ke pasar mobil bekas pada bulan Juni 2021, Moladin telah membuat kemajuan di beberapa bidang utama termasuk digitalisasi untuk meningkatkan efisiensi agen melalui aplikasi Moladin yang dikembangkan secara in-house. Saat ini, aplikasi tersebut berhasil digunakan oleh lebih dari 40.000 agen untuk mengembangkan bisnis mereka. 

Selain itu, Moladin telah melihat pertumbuhan pesat dari bisnis mobil bekasnya, dengan volume transaksi tumbuh lebih dari 20x selama beberapa bulan terakhir. Platform Moladin juga telah meningkatkan produktivitas agen dan dealer (termasuk dealer rumahan) lebih dari 2,5x. Menggunakan platform Moladin, sekarang mereka membutuhkan lebih sedikit waktu untuk menyelesaikan sebuah transaksi dan mentransaksikan lebih banyak mobil daripada yang pernah mereka lakukan sebelumnya.

Visi Moladin adalah menjadi katalis perubahan positif dalam mobilitas fisik dan sosial semua orang yang terlibat didalamnya. Moladin terinspirasi tidak hanya menjadi platform otomotif terkemuka di Indonesia tetapi platform terpercaya yang mampu menciptakan banyak peluang ekonomi terutama bagi para agen. Moladin ingin memastikan bahwa peluang tersebut terbuka untuk semua orang dengan memberdayakan semangat wirausaha agen dan dealer rumahan untuk menjalankan bisnis mereka secara lebih efisien, sekaligus memberikan pilihan mobil berkualitas dan standar tingkat layanan tertinggi kepada konsumen. (H-3)

BERITA TERKAIT