09 May 2022, 21:44 WIB

Luhut: Pengendalian Pandemi yang Efektif Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi


Andhika Prasetyo | Ekonomi

Antara
 Antara
Luhut Binsar Pandjaitan

BERBAGAI upaya pengendalian pandemi covid-19 yang dilakukan pemerintah membuahkan hasil efektif. Tidak hanya dari segi kesehatan tetapi juga ekonomi.

Badan Pusat Statistik mencatat pertumbuhan ekonomi nasional pada kuartal pertama 2022 sebesar 5,01%.

Angka tersebut lebih tinggi dari proyeksi yang ditetapkan sejumlah pihak yakni di kisaran 4,85%.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan pertumbuhan yang baik itu terjadi karena pemerintah mengeluarkan berbagai kebijakan yang mampu mendorong daya beli masyarakat di masa pandemi.

"Pertumbuhan ekonomi kita tetap pada posisi yang kuat, tumbuh 5,01%. Ini didukung oleh kinerja konsumsi rumah tangga. Selain itu, ada juga investasi dan ekspor yang solid meski dihadapkan pada tekanan varian omicron," ujar Luhut di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (9/5).

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal satu tahun ini juga lebih baik jika dibandingkan negara-negara lain di dunia.

Tiongkok hanya membukukan angka 4,8%. Amerika Serikat tumbuh 4,29% dan Jerman naik 4%. Negara tetangga yakni Singapura hanya mencapai 3,4% dan Korea Selatan tumbuh 3,07%.

Secara global, pertumbuhan ekonomi tahun ini diproyeksikan berada di kisaran 3,6% hingga 4,5%.

Namun, berbagai lembaga dunia seperti World Bank, OECD, IMF dan ADB memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa menyentuh 5,4%.

"Jadi pertumbuhan ekonomi kita tahun ini bisa di atas rata-rata global," ujar Airlangga. (OL-8)

BERITA TERKAIT