04 May 2022, 11:39 WIB

Hingga 4 Mei, 2 Juta Tiket KA Angkutan Lebaran Ludes Terjual


Putri Anisa Yuliani | Ekonomi

ANTARA FOTO/Galih Pradipta
 ANTARA FOTO/Galih Pradipta
 Penumpang Kereta Api Taksaka menunggu kedatangan kereta di Stasiun Gambir, Jakarta.

MODA transportasi umum berbasis rel seperti kereta api masih dicintai dan dipilih oleh masyarakat untuk perjalanan mudik maupun balik pada lebaran kali ini. Hal ini terbukti dari sisi penjualan tiket yang tetap tinggi.

"Sampai dengan 4 Mei, KAI telah menjual 2.051.841 tiket KA Jarak Jauh atau 78% dari total tiket yang disediakan," kata VP Public Relations KAI Joni Martninus dalam keterangan resmi, Rabu (4/5).

Adapun untuk periode H-10 sampai hari kedua libur Lebaran, KAI telah melayani 1.200.224 pelanggan atau rata-rata 100.019 pelanggan per hari dengan rata-rata okupansi sebesar 84%.

Tanggal yang menjadi favorit masyarakat pascalebaran adalah keberangkatan 4 dan 5 Mei, atau H+1 dan H+2 Lebaran dengan rute favorit Jakarta-Bandung pp, Jakarta-Semarang pp, Jakarta-Surabaya pp, Jakarta-Yogyakarta, Bandung-Surabaya pp, dan lainnya.

Baca juga: Penumpang Kereta Api Masih Tinggi pada H+1 dan H+2 Lebaran

KAI menetapkan masa Angkutan Lebaran yaitu H-10 sampai H+10 Lebaran atau 22 April - 13 Mei 2022.

"Perjalanan dengan kereta api khususnya di masa Angkutan Lebaran ini memiliki sejumlah keunggulan dibanding moda transportasi darat lainnya yaitu bebas macet, tepat waktu, lebih nyaman dan aman, serta mampu mengurangi angka kecelakaan di jalan raya," tutur Joni. (Put/OL-09)

BERITA TERKAIT