23 April 2022, 23:37 WIB

BLT Minyak Goreng Tersalur untuk 17,2 Juta Penerima Manfaat


Indriyani Astuti | Ekonomi

Antara
 Antara
Ilustrasi minyak goreng


TENAGA Ahli Kantor Staf Presiden RI Abraham Wirotomo mengatakan, program Bantuan Langsung Tunai (BLT) minyak goreng telah menyasar pada 17,2 juta keluarga. Meskipun demikian belum 100% tersalurkan pada sasaran. 

Hasil itu didapatkan dari pemantauan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia (Kemenko PMK) dengan penyalur yakni PT. Pos, Himpunan Bank Negara (Himbara) dan Bank Syariah Indonesia (BSI).

"Per 22 April 2022, bantuan langsung tunai senilai Rp 100.000 tersebut sudah tersalur kepada 17,2 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM)," ujar Abraham, Sabtu (23/4).

Adapun target sasaran penerima manfaat berjumlah 20,5 juta. Menurutnya, capaian percepatan penyaluran BLT minyak goreng itu hasil kerja sama berbagai pihak antara lain Kementerian Kesehatan, PT. Pos Indonesia, TNI, Polri, hingga petugas di kecamatan dan kelurahan/desa.

Ia mengatakan setiap wilayah punya tantangan berbeda seperti Papua capaian target pencarian BLT minyak goreng baru sebesar 42%, di Provinsi Papua Barat 53%, dan Maluku Utara sebesar 61%. Adapun persoalan di lapangan yang ditemukan dalam penyaluran BLT minyak goreng, yakni akurasi data yang belum maksimal. Sehingga berimbas pada dugaan penyelewengan, dan mengakibatkan antrian di beberapa lokasi. (OL-8)

BERITA TERKAIT