21 April 2022, 21:40 WIB

Ajak Masyarakat 'Digital Savvy' Buat Langkah Kebiasaan Finansial Lebih Baik


mediaindonesia.com | Ekonomi

Ist
 Ist
Konferensi pers secara virtual dengan tema 'Mulai Langkah Kecil Hari Ini Bersama Jenius'. 

JENIUS dari Bank BTPN, meluncurkan program #langkahkecilhariini yang mengajak masyarakat digital savvy atau melek digital di Indonesia membuat dan merayakan langkah kecil mereka dalam mewujudkan kebiasaan hidup dan finansial yang lebih baik.

Dalam program ini, Jenius berkolaborasi bersama dua teman Jenius, yaitu Sophia Latjuba dan Eva Celia, dua sosok yang akan berbagi inspirasi bagaimana mereka memulai dan mengapresiasi setiap langkah kecil yang diraih.
 
Waasi B. Sumintardja, Digital Banking Business Product Head Bank BTPN, menjelaskan latar belakang dan tujuan program #langkahkecilhariini. “Selama dua tahun ini kita hidup dalam kondisi yang penuh dengan naik turun."

"Kami menyadari untuk tetap bisa berpikir positif dan bergerak maju menjadi life skill yang diperlukan. Dari beragam cerita teman Jenius, kami juga mendapati bahwa saat ini mereka sedang memulai menata kembali hidup ke arah yang lebih baik,"

Baca juga: Ini Tips Mengelola Keuangan Saat Mudik dan Hari Raya Idul Fitri

"Maka itu, Jenius meluncurkan program #langkahkecilhariini sebagai ajakan bagi masyarakat digital savvy untuk mulai merencanakan, membuat kebiasaan, serta mengapresiasi langkah kecil mereka hari ini, esok, dan setiap harinya.” jelas Waasi dalam keterangan pers, Kamis (21/4)
 
Berdasarkan survei daring yang dilakukan melalui media sosial Instagram resmi Jenius @jeniusconnect pada 7 April 2022 dengan melibatkan 928 responden,.

Survei mengungkapkan bahwa sebanyak 54% responden berusaha mencari solusi sendiri saat mengalami sebuah tantangan dalam menjalani hari dan 51% dari mereka juga sering merayakan berbagai pencapaian kecil atas usaha maupun langkah kecil yang berhasil mereka raih.

Selain itu, pada 18 April 2022, Jenius kembali mengadakan survei daring melalui media sosial Instagram resmi Jenius @jeniusconnect dengan topik tujuan finansial yang ingin dicapai dengan melibatkan 256 responden.

Sebanyak 89% responden memiliki tujuan finansial yang ingin dicapai tahun ini.

Tujuan finansial yang ingin dicapai pun beragam, mulai dari mengumpulkan dana darurat, membeli properti, tabungan untuk menikah, mengumpulkan biaya liburan, hingga membeli tiket konser musisi kesukaan.
 
Masih dari hasil survei daring 18 April lalu, untuk mencapai tujuan finansial tersebut tentunya dimulai dengan langkah kecil, antara lain dengan mulai menabung (52%), berinvestasi (29%), dan membuat pos-pos pengeluaran (17%).

Langkah-langkah kecil tersebut apabila dilakukan secara terus-menerus dapat memberikan dampak yang mengarah kepada perubahan baik dalam beragam aspek kehidupan, dalam hal ini untuk mencapai tujuan finansial mereka.

Dalam mewujudkan tujuan finansial tersebut, terdapat lima tantangan yang sering dihadapi, yaitu pengeluaran tidak terduga atau kebutuhan darurat (35%), promo dan online shopping (32%), ajakan untuk jajan dan FOMO (Fear of Missing Out) (15%), belum konsisten dan disiplin (9%), dan keinginan untuk jalan-jalan (5%).
 
“Jenius percaya bahwa demi mewujudkan kondisi finansial yang sehat dapat dimulai dari langkah-langkah kecil yang positif," kata Waasi.

"Karena itu, Jenius hadir menemani setiap langkah kecil dalam keseharian masyarakat digital savvy melalui sederet fitur inovatif yang dapat membantu penggunanya untuk terus melangkah, menciptakan kebiasaan yang lebih baik, dan mencapai tujuan hidupnya," katanya.

"Langkah kecil untuk mencapai kebiasaan finansial yang baik mulai dari mengatur cashflow, menabung, hingga investasi,” jelas Waasi.
 
Masyarakat digital savvy juga dapat memulai langkah kecil bersama Jenius untuk selalu belajar berbagai hal, membangun koneksi, dan memiliki semangat berkokreasi dengan Jenius Co.Create, sehingga bisa mendapat ilmu baru dan membangun kebiasaan yang baik dalam hidup.

Melalui kolaborasi bersama dua teman Jenius, yaitu Sophia Latjuba dan Eva Celia, Jenius akan berbagi inspirasi dari berbagai cerita pengguna mencapai mimpi mereka dalam hidup dan keuangan, serta membuat langkah bersama Jenius.
 
“Mengambil langkah kecil untuk mewujudkan kebiasaan dan kehidupan yang lebih baik adalah sebuah keberanian," terang Adjie Santosoputro, Praktisi Mindfulness.

"Sehingga saat kita berhasil mencapai dan mengapresiasi langkah kecil tersebut, kita akan terdorong untuk terus mengambil langkah berikutnya hingga menjadi langkah besar dan semakin dekat dengan tujuan kita," katanya.

"Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk memulai langkah kecil tersebut adalah dengan menyadari bahwa setiap momen dalam hidup kita adalah fresh moment yaitu momen yang bisa kita gunakan untuk menjadi manusia baru yang lebih baik," ujar Adjie.

"Hal ini akan mendorong kita untuk menggunakan waktu atau momen yang ada dengan sebaik mungkin,” terang Adjie .
 
Masih membawa semangat dari program #langkahkecilhariini, Jenius juga berkolaborasi dengan Dompet Dhuafa dan Anak Yatim untuk mendorong masyarakat digital savvy membuat langkah kecil untuk kebaikan di bulan Ramadan.

Melalui kolaborasi dengan Dompet Dhuafa, Jenius akan melipatgandakan donasi paket makanan berbuka/sahur kaum duafa.

Untuk setiap donasi yang diberikan dengan jumlah minimal Rp30.000, Jenius akan melipatgandakannya agar semakin banyak kaum duafa yang menerima donasi dari para pengguna.

Program spesial double donation ini berlaku dengan pembayaran menggunakan Jenius Pay di situs Dompet Dhuafa (https://donasi.dompetdhuafa.org/berbagibuka/). Cek informasi lebih lanjut di sini: https://www.jenius.com/everyyay/details/dompet-dhuafa-double-donation.
 
“Dengan diluncurkannya program #langkahkecilhariini, kami harap dapat menjadi pendorong bagi masyarakat digital savvy untuk bersama-sama bergerak maju dan merayakan langkah kecil menuju capaian hidup dan finansial yang lebih baik,” tutup Waasi. (RO/OL-09)
 

BERITA TERKAIT