19 April 2022, 17:30 WIB

Moeldoko Minta Rakyat Paham dan Bersabar hadapi Kenaikan Harga


Andhika Prasetyo | Ekonomi

MI/ANDRI WIDIYANTO
 MI/ANDRI WIDIYANTO
Kepala Kantor Staf Presiden Moeldoko

KEPALA Staf Kepresidenan Moeldoko meminta masyarakat memahami situasi kenaikan harga berbagai kebutuhan pokok saat ini. Ia menjelaskan persoalan itu terjadi karena kondisi geopolitik dan perekonomian dunia yang sedang tidak stabil.

"Saya harap masyarakat bisa memahami. Mengelola negara itu tidak hanya dengan memikirkan kondisi dalam negeri. Ini terjadi karena kondisi di luar negeri. Lonjakan harga komoditas global dan disrupsi rantai pasok dunia terjadi karena krisis geopolitik antara Ukraina dan Rusia," ujar Moeldoko melalui keterangan resmi, Selasa (19/4).

Ia pun menyadari bahwa masyarakat sudah sangat resah dengan kondisi terkini. Namun, Moeldoko meminta publik tetap bersabar.

Pemerintah, lanjutnya, telah mengeluarkan berbagai kebijakan yang diharapkan bisa membantu masyarakat terutama yang berada di golongan bawah.

Baca juga: Mendag Sebut Harga Barang Kebutuhan Pokok Masih Aman dan Stabil

Ia juga mengajak masyarakat untuk bisa menyiasati situasi sulit saat ini dengan melakukan sejumlah upaya mandiri sebagai langkah adaptasi.

“Jika harga cabai naik, mari tanam cabai di rumah masing-masing. Jadi saat harga cabai mahal, kita tidak bingung. Saya sudah melakukannya. Kalau tidak percaya, silakan datang ke rumah saya,” ucap mantan panglima TNI itu.

“Saya harap masyarakat bisa kreatif. Mari kita bersama-sama berusaha dan bekerja karena pemerintah tidak bisa menyelesaikan masalah ini sendiri,” tandas Moeldoko. (OL-4)

BERITA TERKAIT