13 April 2022, 13:44 WIB

Presiden: Pasar Sudah Ramai, Ekonomi Sudah Pulih


Andhika Prasetyo | Ekonomi

ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
 ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
 Presiden Joko Widodo (ketiga kanan) mengunjungi Pasar Kanoman, Kota Cirebon, Jawa Barat, Rabu (13/4/2022).

PRESIDEN Joko Widodo mengungkapkan kondisi perekonomian di Tanah Air sudah kembali pulih. Itu ditandai dengan begitu tingginya mobilitas masyarakat di berbagai tempat termasuk di pasar-pasar tradisional.

"Kemacetan luar biasa terjadi hampir di semua kota. Ini menunjukkan mobilitas yang makin tinggi, menunjukkan adanya pergerakan-pergerakan ekonomi, perputaran ekonomi yang lebih baik, utamanya pariwisata," ujar Jokowi saat meninjau Pasar Kanoman, Cirebon, Jawa Barat, Rabu (13/4).

Dalam kesempatan itu, kepala negara juga membagikan beragam bantuan sosial mukai dari bantuan modal kerja kepada para pedagang serta bantuan langung tunai (BLT) minyak goreng kepada para keluarga penerima manfaat.

"Pagi hari ini saya ke Cirebon dalam rangka pembagian bantuan, pertama pembagian BLT minyak goreng kepada para pedagang kaki lima, dan juga ibu-ibu penerima PKH. Kemudian yang kedua juga pemberian tambahan modal usaha sebesar Rp1,2 juta kepada para pedagang," ujar Jokowi di Cirebon, Jawa Barat, Rabu (13/4).

Baca juga: Kenaikan Harga Pangan dan Energi Mulai Dorong Inflasi

Menurut Presiden, dengan semakin membaiknya kondisi pandemi covid-19, banyak pelaku usaha yang kembali berjuang di pasar-pasar. Mereka tentu saja membutuhkan tambahan modal mengingat selama beberapa bulan tidak menjajakan dagangan karena menaati aturan pembatasan kegiatan.

"Saya kira ini karena kondisi pandemi sudah menurun, mereka memulai usaha lagi di pasar-pasar, sehingga membutuhkan suntikan untuk memulai usaha lagi dan sudah kita berikan. Kita berikan Rp1,2 juta kepada tiap-tiap pedagang," ucapnya.

Ia berpesan kepada seluruh penerima manfaat agar stimulus tersebut dspat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. (Pra/OL-09)

BERITA TERKAIT