08 April 2022, 14:56 WIB

Atasi Membeludaknya Pemudik Motor, Kemenhub Sediakan Mudik Gratis


Fetry Wuryasti | Ekonomi

ANTARA/WAHYU PUTRO A
 ANTARA/WAHYU PUTRO A
 Pemudik sepeda motor terjebak kemacetan saat melintasi posko penyekatan mudik di Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat tahun lalu.

DIREKTUR Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiyadi mengatakan telah melakukan beberapa kali evaluasi tahun yang lalu dan kesiapan di tahun sekarang. Untuk kegiatan mudik 2022, moda transportasi terbanyak yang akan digunakan pemudik yaitu sepeda motor, mobil dan bus, dan juga kendaraan pribadi.

"Ini menjadi menarik, sehingga persiapannya harus hati-hati," kata Budi dalam Konferensi Pers Persiapan Transportasi Mudik Lebaran Tahun 2022, Jumat (8/4).

Kemenhub mengimbau masyarakat untuk tidak mudik menggunakan sepeda motor. Untuk konsekuensi Kemenhub tidak merekomendasikan penggunaan sepeda motor, kata Budii, tahun ini pihaknya akan kembali mengadakan mudik gratis.

"Kami diperintahkan oleh Menhub untuk menyiapkan mudik gratis bagi pengguna sepeda motor, atau kepada masyarakat akan menggunakan mudik gratis. Anggaran tidak terlampau besar tahun 2022 ini, hanya Rp10 miliar, dibandingkan tahun 2019 yang sebesar Rp38 miliar. Kuotanya sekitar 10.000 orang. Pendaftaran mulai minggu depan dan tujuannya hanya ke Jawa Barat, dan sebagian besar kota-kota di Jawa Tengah," kata Budi.

Ini menjadi satu manajemen untuk mengendalikan agar para pengemudi sepeda motor, tidak menjadi mix traffic dengan kendaraan lain. Artinya diharapkan mulai saat ini, bagi masyarakat pemudik yang akan masih memilih menggunakan sepeda motor, dan jalan nasional, pemudik diharapkan tetap pada posisi jalan sebelah kiri.

"Sebab nantinya di masa arus mudik akan ada pemberlakuan pengalihan arus untuk kendaraan logistik. Artinya kemungkinan sangat banyak kendaraan logistik besar melalui jalan nasional. Dikhawatirkan aspek keselamatan menjadi taruhannya," kata Budi.

Baca juga: 85,5 juta orang Akan Mudik, 47% bakal Gunakan Kendaraan Pribadi

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri juga mengatakan sektor perkeretaapian juga akan mengakomodir dengan motis atau mudik dengan kereta api dan pengangkutan motor gratis.

"Istilahnya motis atau motor-motor gratis. Ini bisa kembali kami layani di tahun 2022 dan saya berharap agar dimanfaatkan maksimal bagi masyarakat yang akan mudik khususnya menggunakan motor," kata Zulfikri.

Dengan program tadi motis dengan kereta api, penumpang tetap membayar tiket kereta api seperti biasa, dan motornya akan diangkut secara grati.

"Ini cukup diminati setiap tahun. Dulu pada saat normal cukup banyak para peminat dari masyarakat untuk mengalihkan motornya menggunakan kereta api dan motor gratis ini," kata Zulfikri. (A-2)

BERITA TERKAIT