31 March 2022, 06:20 WIB

Himbara Diminta Maksimalkan Pemberian Kredit UMKM


mediaindonesia.com | Ekonomi

dok.ist
 dok.ist
 Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Himbara, di Gedung DPR RI, Rabu (30/3).

HIMPUNAN Bank Milik Pemerintah (Himbara) diharapkan memaksimalkan pemberian kredit kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar mempercepat proses pemulihan ekonomi paska pandemi Covid-19.

“Dari data Bank Indonesia mengenai penyaluran kredit UMKM, porsi Bank yang tergabung dalam Himbara masih sedikit sekali. Harus ditingkatkan agar pemulihan ekonomi paska pandemi berlangsung lebih cepat,” kata Anggota Komisi VI DPR RI, Siti Mukaromah, dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Himbara, di Gedung DPR RI, Rabu (30/3).

Selain itu, lanjutnya, UMKM juga mulai menjamur kembali terutama yang masuk melalui media digital. “Fenomena ini harus disambut oleh Himbara,” ujar Anggota DPR RI yang akrab disapa Erma ini.

Terkait pungli penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR), Komisi VI meminta agar ada evaluasi menyeluruh terhadap prosedur penyaluran KUR karena adanya pungli menyengsarakan rakyat. “Tindak tegas bagi yang nakal,” tegasnya.

Lebih lanjut dirinya menanggapi, dari semua penjelasan Himbara masih sangat sedikit sekali yang memaparkan mengenai Bank Digital. Padahal, untuk bisa mencapai inklusi keuangan salah satunya adalah akses yang semakin mudah melalui Bank Digital.

Namun, kata Erma yang juga Ketua DPP Perempuan Bangsa, efek digitalisasi juga harus mulai ada mitigasi plan-nya. Apabila terjadi digitalisasi terhadap Bank maka akan banyak kantor cabang atau anak cabang yang tutup sehingga terjadi pengurangan karyawan. (OL-13)

Baca Juga: Bangga Buatan Indonesia Jangan hanya Menjadi Slogan

BERITA TERKAIT