29 March 2022, 15:02 WIB

Setelah 50 Tahun, Pendiri FedEx Mundur dari Jabatan CEO


Mediaindonesia.com | Ekonomi

AFP/Alex Wong.
 AFP/Alex Wong.
Frederick Smith.


PENDIRI FedEx Frederick Smith akan mengundurkan diri sebagai kepala eksekutif setelah sekitar lima dekade di atas raksasa transportasi. Perusahaan mengumumkan itu, Senin (29/3).

FedEx, yang tumbuh di bawah komando Smith dari operasi sederhana di negara bagian Tennessee AS menjadi raksasa global dengan sekitar 570.000 karyawan, mengumumkan Chief Operating Officer Raj Subramaniam akan memimpin perusahaan.

Transisi akan berlangsung pada 1 Juni. Smith, 77, menjadi ketua eksekutif dan Subramaniam naik menjadi presiden dan CEO.

Smith pertama kali menemukan ide untuk Federal Express--yang mengadopsi FedEx sebagai nama mereknya pada 1994--saat menjadi sarjana di Universitas Yale. Ia mengidentifikasi pengiriman mendesak sebagai keharusan ekonomi.

"Smith menamai perusahaan itu Federal Express karena dia percaya arti patriotik yang terkait dengan kata 'federal' menunjukkan minat dalam kegiatan ekonomi nasional," menurut sejarah resmi perusahaan.

"Dia juga berharap nama itu akan beresonasi dengan Federal Reserve Bank, pelanggan potensial. Meskipun bank menolak proposalnya, Smith mempertahankan nama itu karena dia pikir itu mudah diingat dan akan membantu menarik perhatian publik."

Dari armada awal 14 pesawat kecil pada 973, perusahaan sekarang memiliki ratusan pesawat ditambah jaringan logistik di seluruh dunia. Ini melaporkan pendapatan hampir US$84 miliar tahun lalu.

Baca juga: Gedung Putih Usulkan Pajak Minimum Baru untuk Miliarder AS

Subramaniam bergabung dengan FedEx pada 1991. Ia memegang peran senior di Kanada serta seluruh Asia dan Amerika Serikat. (AFP/OL-14)

BERITA TERKAIT