28 March 2022, 12:57 WIB

Targetkan Peningkatan Pengiriman Hingga 50%, PCP Express Genjot Penambahan Virtual Agent


mediaindonesia.com | Ekonomi

Dok.PCP
 Dok.PCP
Karyawan PCP Express

PERUSAHAAN logistik PCP Express memperkirakan sepanjang bulan puasa dan lebaran tahun ini, kebutuhan pengiriman paket baik untuk perusahaan ataupun individu akan mengalami lonjakan volume sebesar 30 hingga 50% dari pengiriman sebelum bulan puasa dan lebaran. Perusahaan sendiri menargetkan akan meraih lonjakan pengiriman sampai dengan 50%.

“Berdasarkan pengalaman kami di lima tahun terakhir, tingkat pengiriman di bulan puasa dan lebaran selalu mengalami peningkatan yang signifikan. Semenjak kami serius memperluas pasar kami di sektor individu dengan menghadirkan virtual agent. Untuk tahun ini kami di PCP Express juga sudah bersiap untuk mengantisipasi lonjakan permintaan pengiriman paket,” ujar CEO PCP Express, Dennis Soemarno, dalam keterangan resmi, Senin (28/3).

Saat ini, virtual agent atau Mitra Virtual PCP Express sudah hadir di lima kota besar, Jakarta, Bandung, Surabaya, Jogjakarta dan Semarang. Dengan jumlah virtual agent yang sudah tersebar di beberapa kota diharapkan dapat mengakomodir kebutuhan pengiriman pelanggan individu.

"Dengan virtual agent diharapkan dapat menjangkau pelanggan individu yang ingin mengirimkan paket mereka tanpa harus repot-repot mendatangi gerai PCP Express, karena paket mereka akan langsung diambil oleh virtual agent,” jelas Dennis lebih lanjut.

Virtual Agent merupakan aplikasi yang memungkinkan pelaku bisnis UMKM untuk membuka usaha logistik dengan modal minim dan tanpa memerlukan gerai fisik. Pelaku bisnis UMKM dapat memulai usaha logistik atau pengiriman hanya dengan menggunakan aplikasi saja, semua transaksi juga dapat dilakukan secara digital. Hanya dengan memiliki kendaraan roda dua, smartphone, koneksi internet, timbangan portabel dan meteran, pelaku UMKM sudah bisa memiliki bisnis logistik.

PCP Express juga menawarkan biaya kirim lebih murah bagi pelaku bisnis UMKM yang bergabung di aplikasi virtual agent. Selain itu juga paket yang dikirim dapat dijemput langsung ke lokasi tanpa minimal nilai transaksi serta transaksi yang mudah karena tersedia berbagai opsi pembayaran digital. Tidak hanya itu, pelaku UMKM juga masih akan mendapatkan komisi sebesar 20% untuk setiap nilai transaksi pengiriman. Dan komisi ini bisa ditarik oleh virtual agent setiap minggunya

Untuk mengejar peningkatan pengiriman di bulan puasa dan Ramadhan tahun ini, PCP Express juga menggenjot penambahan virtual agent dengan bekerjasama dengan komunitas UMKM untuk memperkenalkan aplikasi yang diluncurkan pada Oktober 2021 dan mengadakan pelatihan digitalisasi kepada pelaku bisnis UMKM.

“Dari kegiatan ini kami menargetkan paling tidak 50% dari pelaku UMKM yang mengikuti pelatihan akan bisa menjadi virtual agent aktif PCP Express,” ungkap Dennis.

Selain itu, untuk pelaku bisnis UMKM yang baru bergabung sebagai virtual agent di bulan puasa ini, PCP Express akan memberikan modal berupa timbangan jinjing, thermal printer , jaket, helm, dan spanduk. Perusahaan logistik PCP Express mentargetkan paling tidak bisa mendapatkan sebanyak 150 – 200 virtual agent di bulan puasa dan lebaran tahun ini. (E-3)

BERITA TERKAIT