24 March 2022, 13:43 WIB

Aksesibilitas Pertimbangan Utama Pembeli Rumah Subsidi


mediiaindonesia.com | Ekonomi

Dok.Pri
 Dok.Pri
Rumah contoh di Puri Harmoni, Bekasi.

PASAR rumah subsidi di wilayah Bekasi, Jawa Barat, pada pertengahan semester pertama 2022, masih sangat menarik, karena besarnya potensi pasar rumah kelas bawah. Bekasi  terutama Cibitung dan Cikarang merupakan wilayah yang banyak beroperasi pabrik dan industri, yang mempekerjakan puluhan ribu tenaga kerja. Mereka inilah yang menjadi sasaran utama bagi pasar rumah subsidi.

Namun tidak semua perumahan subsidi di Bekasi merasakan gurihnya pasar rumah subsidi. Sebab lokasi perumahan, kemudahan aksesibilitas, dan kemudahan cara bayar turut menentukan minat para pencari rumah subsidi. Salah satu perumahan yang saat ini sangat diminati adalah Perumahan Puri Harmoni Kertamukti, Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.  

Selain memiliki lingkungan yang rapi, perumahan yang dikembangkan oleh Vista Land Group ini sangat dekat dengan Stasiun KRL Cibitung, Pasar Tradisional Cibitung dan RSUD Kabupaten Bekasi. Semua fasilitas ini dapat dicapai rata-rata sekitar 15 menit. Aksesnya pun sangat mudah karena berada di jalan utama Ir Soekarno-Hatta, serta dekat dengan akses tol menuju Jakarta dan ke wilayah-wilayah lainnya.  

"Kemudahan aksesibilitas ternyata juga menjadi pertimbangan utama para pekerja, karena kalau aksesnya sulit, biaya transportasi ke tempat kerja akan lebih tinggi. Maka kemudahan sarana transportasi dan akses jalan menjadi konsen bagi konsumen rumah subsidi,” kata General Manager Regional Timur Vista Land Group, Ardian Hendra, Kamis (24/3).

Ardian mengatakan, dengan banyaknya perumahan rumah subsidi di Bekasi, konsumen punya banyak pilihan. Mereka cenderung memilih perumahan yang banyak menawarkan kemudahan, terutama akses jalan yang baik dan ketersediaan sarana  (KRL dan angkutan umum).

“Meski letaknya di Cibitung, Kabupaten Bekasi, tapi konsumen rumah subsidi Puri Harmoni Kertamukti sebagian besar bekerja di DKI Jakarta. Mereka bekerja di Jakarta tapi rumah di Bekasi karena waktu tempuh ke tempat kerja hanya sekitar 1 jam saja,” jelas Ardian.

Saat ini, Puri Harmoni Kertamukti memasarkan rumah subsidi dengan luas bangunan 27 m2 dan luas tanah 60 m2 dengan harga Rp168 juta sesuai dengan harga yang ditetapkan pemerintah sejak 2020 atau selama dua tahun ini harga tidak naik.

Menurut Ardian, penjualan rumah subsidi di Puri Harmoni Kertamukti tahun 2021 sangat bagus, yaitu sekitar 350 unit rumah. Dan di triwulan pertama 2022 ini, sudah terjual sekitar 50 unit rumah subsidi  yang pembelinya sebagian besar adalah karyawan swasta yang bekerja di Jakarta, dan karyawan pabrik di Cibitung dan Cikarang.

Untuk rumah subsidi, konsumen cukup membayar booking fee sebesar Rp1 juta, dan uang muka Rp2,5 juta. Jika persyaratan dokumen lengkap, konsumen sudah bisa akad kredit di Bank BTN sebagai rekanan Puri Harmoni Kertamukti. Spesifikasi rumah subsidi adalah dinding batako, lantai keramik, rangka atap baja ringan, genteng beton, tembok belakang, sumur air, jalan cor beton.

"Melihat tren positif yang ada, terutama makin menurunnya kasus positif covid-19 di Indonesia dan diikuti bergeraknya aktivitas bisnis, serta beroperasinya pabrik dan industri  di segala bidang, kami optimistis 2022 ini  penjualan rumah subsidi di Puri Harmoni Kertamukti akan dapat tumbuhan minimal 20%,” kata Ardian.

Selain rumah subsidi, ungkap Ardian, permintaan rumah komersial dengan harga terjangkau di Puri Harmoni Kertamukti juga meningkat signifikan. Peminatnya kebanyakan usia produktif, terutama kaum urban milenial, seperti pegawai BUMN, ASN, dan karyawan swasta. Mereka ini ingin memiliki rumah dengan luas tanah lebih besar dari yang standar.

“Untuk rumah komersial, kami tawarkan luas bangunan 27 m2 dengan luas tanah lebih besar yaitu 90 m2. Tentunya spesifikasi lebih tinggi dari rumah subsidi, di antaranya kusen depan memakai aluminium, terdapat meja dapur, kamar mandi terdapat dinding keramik & closet duduk, plafon tinggi, saat ini rumah contoh baru selesai dan peminat cukup banyak,” jelas Ardian.

Harga jual rumah komersial, kata Ardian, dibanderol dengan harga cash Rp284 jutaan. Untuk pembelian melalui KPR bulan Maret ini ada diskon uang muka Rp20 jutaan. Jadi konsumen hanya membayar booking Rp2 jutaan dan uang muka Rp4 jutaan, bisa langsung akad dengan angsuran Rp2 jutaan per bulan untuk tenor 20 tahun.

Perumahan Puri Harmoni Kertamukti dikembangkan sejak 2020 di atas lahan 14 hektar dan sudah terjual hampir 400 unit rumah dan telah dihuni sekitar 150 KK. Saat ini sudah tersedia area Bermain Anak, Lapangan Olahraga, Musholla, Jogging track, Danau dan lain sebagainya.

"Kami juga sedang dibangun 200 unit rumah untuk ready stock, hingga konsumen yang beli tidak perlu menunggu lama untuk serah terima. Meski belum terjual, tapi kenyataannya rumah subsidi yang ready stock atau dalam progress pembangunan itu lebih cepat terjual,” pungkas Ardian. (E-3)

BERITA TERKAIT