08 March 2022, 11:47 WIB

Pemerintah Kucurkan Bantuan Tunai ke 2,76 Juta PKL dan Nelayan


Insi Nantika Jelita | Ekonomi

Antara
 Antara
Puluhan kapal nelayan lego jangkar di pelabuhan Pantai Popoh Tulungagung, Jawa Timur, Minggu (6/3)

MENTERI Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Ekon) Airlangga Hartarto mengungkapkan, pemerintah akan mengucurkan bantuan tunai sebesar Rp600 ribu bagi pedagang kaki lima (PKL), pemilik warung, dan nelayan. Bantuan tersebut akan disalurkan kepada 2,76 juta penerima.

"Terkait bantuan tunai pedagang kaki lima dan nelayan ini sudah disiapkan untuk 2,76 juta penerima, terdiri dari satu juta pedagang kaki lima/warung dan 1,76 juta nelayan,” ujarnya dikutip dari laman resmi Sekretariat Kabinet, Selasa (8/3).

Dia menjelaskan, bantuan tunai tersebut bakal disalurkan oleh TNI dan Polri di kabupaten/kota lewat program prioritas pemerintah, Pengentasan Kemiskinan Ekstrem Tahun 2022.

Pada tahun lalu, mekanisme penyaluran bantuan ialah calon penerima yang telah terdata dan terverifikasi oleh pemerintah bakal menerima undangan pengambilan bantuan di Kantor Polres atau Kodim setempat.

“Disalurkan oleh TNI-Polri dengan jumlah Rp600 ribu per orang dan ini di kabupaten/kota prioritas untuk program pengentasan kemiskinan ekstrem tersebut," kata Airlangga.

Di satu sisi, Menko Perekonomian menerangkan, terkait penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR), pemerintah akan memperpanjang tambahan subsidi bunga KUR 3% hingga Desember 2022. Penambahan anggaram subsidi untuk periode Juli hingga Desember tahun ini membutuhkan alokasi sebesar Rp6,33 triliun.

“Terkait dengan fasilitas bunga KUR, sudah mendapatkan tambahan subsidi sampai Juli – Desember. Total anggaran subsidi KUR di tahun 2022 sejumlah Rp11,97 triliun dan ini diambilkan dari Dana Pemulihan Ekonomi Nasional atau Dana PEN,” pungkasnya. (E-3)

BERITA TERKAIT