01 March 2022, 21:35 WIB

Bali akan Terima Penerbangan Langsung dari Turki hingga Rusia


Insi Nantika Jelita | Ekonomi

Antara/Fikri Yusuf
 Antara/Fikri Yusuf
Wiatawan asal Singapura tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan, ada penambahan penerbangan langsung atau direct flight berbagai negara ke Bali. Seperti dari Turki hingga Rusia. 

Saat ini penerbangan dari maskapai Australia yaitu Jetstar Airways, lalu dari Singapura dengan Scoot Tigerair, dan maskapai Belanda dengan KLM Royal Dutch sudah meramaikan penerbangan internasional ke Bali. 

"Untuk direct flight, penerbangan seperti Turkish Air dari Istanbul juga ada, dari Uni Emirat Arab dan Qatar juga. Serta ada keinginan walaupun harus ditindaklanjuti mengenai direct flight dari Moskow (Rusia) ke Denpasar," jelasnya dalam Weekly Briefing virtual, Selasa (1/3). 

Menparekraf mengatakan, pembukaan Bali selama pandemi berhasil menarik minat kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dengan jumlah lebih dari 1.600 orang. 

Mayoritas wisman pun dilaporkan memilih menjalani karantina bubble atau tidak hanya di kamar saja. 

"Ini bisa berdampak positif pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," ucapnya. 

Selain Bali, Sandiaga mengungkapkan juga ada rencana direct flight dari Tionglok ke Likupang, Sulawesi Utara kedepannya. 

Baca juga : HIPMI PT UI Undang Berbagai Pihak di UI untuk Ciptakan Pengusaha Muda

Dia mengungkapkan, langkah ini bisa menggairahkan kunjungan wisatawan asing ke Tanah Air, yang sempat lesu akibat pandemi covid-19. 

"Terkait direct flight Tiongkok ke Manado sebagai pengembangan Likupang ini terus kita siapkan. Ini sangat potensi karena banyak minat turis asal Tiongkok berlibur ke Likupang," jelas Menparekraf. 

Sebelumnya, PT Angkasa Pura I mencatat, hingga 24 Februari 2022 sudah ada lima maskapai yang telah terbit izin rutenya dan satu maskapai yang sedang dalam proses pengaktifan kembali rute ke Bali. 

Maskapai dengan penerbangan internasional yang telah terbit izin rutenya, yaitu Jetstar Asia dengan rute Singapura - Denpasar (PP), Scoot dengan rute Singapura - Denpasar (PP), KLM dengan rute Singapura - Denpasar (PP). 

Lalu, Garuda Indonesia dengan rute Sydney - Denpasar dan AirAsia dengan rute Kuala Lumpur - Denpasar (PP). Adapun 1 maskapai yaitu Jetstar dengan rute Sydney - Denpasar (PP) & Melbourne - Denpasar (PP) saat ini masih dalam proses pengaktifan rute. 

“Sebanyak 3 maskapai yaitu Jetstar Asia, Scoot dan Garuda Indonesia akan melakukan pendaratan perdana pada 4 Maret mendatang. Ini sekaligus menambah daftar maskapai internasional yang telah beroperasi di Bali,” ujar Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi dalam rilis resmi. (OL-7)

BERITA TERKAIT